Langsung ke konten utama

Mengenal Universitas Airlangga

 

Universitas Airlangga adalah universitas tertua ketiga yang diresmikan oleh presiden Republik Indonesia Soekarno dan merupakan lembaga Ilmu Kodekteran yang melepaskan diri dari induknya yaitu Universitas Indonesia.

Universitas Airlangga berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, didirikan pada tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9.

Universitas Airlangga biasa disingkat dengan UNAIR. Lalu seberapa menarik UNAIR sehingga bisa menjadi salah satu pilihan bagi para pelajar di Indonesia dan luar negeri. Nah, berikut fakta penting tentang UNAIR yang harus kalian ketahui:

Sekolah Kedokteran

Cikal bakal berdirinya Universitas Airlangga (UNAIR) berawal dari Sekolah kedokteran yang diberi nama Dokter Java School yang didirikan tahun 1851. 

Pada jaman penjajahan Hindia Belanda kerap berganti nama dan di reorganisasi menjadi STOVIA (School Tot Opleiding van Indische Artsen)  atau sekolah pendidikan dokter Hindia pada zaman Kolonial Hindia Belanda pada tahun 1905

Kemudian kembali berganti menjadi NIAS (Netherlandsch Indische Artsen School) yang merupakan sekolah kedokteran bagi penduduk pribumi yang didirikan di kota Surabaya tahun 1913.

Setelah itu didirikan School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT) yang merupakan sekolah kedokteran gigi. 

Tahun 1948 diganti dengan Faculteit der Geneeskunde Cabang Surabaya sebagai cabang Fakultas Kedokteran Universitet Indonesia. 

Pada masa kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1954 Pemerintah Indonesia mengganti dengan Universitas Airlangga yang diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Kedokteran oleh Presiden pertama RI, Ir. Soekarno.

Dibalik Nama Airlangga

Nama Airlangga diambil dari sebuah nama seorang  pendiri kerajaan kahuripan yang memerintah 1009-1042 dengan gelar Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa,  dengan wilayah kekuasaannya hampir seluruh Jawa Timur. 

Pemberian nama Airlangga, karena Airlangga mempunyai arti “Sang Pemelihara” adalah seorang raja sangat terkenal pada Abad XI. Raja yang arif dan bijaksana, cakap, dan mampu mempersatukan wilayah di kawasan Timur Indonesia.

Kampus yang dilengkapi rumah sakit sendiri

UNAIR memiliki rumah sakit berstandar internasional. Selain menjadi tempat yang menjadi rujukan untuk melakukan riset terkait dunia medis internasional. 

RS UNAIR juga dilengkapi dengan tenaga medis profesional dan alat kesehatan canggih. Rumah Sakit Airlangga selain menjadi Rumah Sakit Umum, di dalamnya juga terdapat beberapa rumah sakit pendidikan lainnya seperti Rumah sakit Gigi dan Mulut dan Rumah Sakit Kedokteran Hewan.

Maka, tidak salah bila Universitas Airlangga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Berdasarkan ranking yang ditetapkan oleh Ristekdikti, Unair berada di posisi delapan terbaik di Indonesia.

Memiliki Tiga Kampus Utama

Universitas Airlangga terdiri dari 3 kampus, dengan pusat administrasi terletak di kampus C. Kampus A terletak di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No. 47 A Surabaya memiliki dua fakultas yakni Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. 

Dikampus ini masih terdapat gedung bersejarah peninggalan sekolah kedokteran NIAS dan sekolah kedokteran gigi STOVIT. 

Kampus B terletak di Jl. Airlangga No. 4-6 Surabaya terdapat fakultas ilmus sosial dan politik, farmasi, ekonomi dan bisnis, hukum, psikologi, ilmu budaya, dan fakultas vokasi serta sekolah pascasarjana.

Sementara, Kampus C terletak di Jl. Mulyorejo Surabaya. Kampus C merupakan pusat administrasi Universitas Airlangga dimana di kampus ini terdapat Rektorat/kantor administrasi. 

Terdapat fakultas sains dan teknologi, kesehatan masyarakat, keperawatan, perikanan dan kelautan, dan fakultas kedokteran hewan.

Memiliki perpustakaan nyaman dan lengkap

Perpustakaan UNAIR memiliki jutaan koleksi buku, bahkan menjadi salah satu yang terlengkap di Indonesia. Perpustakaan UNAIR juga dilengkapi dengan fasilitas wifi cepat, dan ruangan  nyaman. 


Selain itu, didalamnya juga dilengkapi dengan American Corner yang bisa digunakan untuk belajar dan mengasah kemampuan bahasa Inggris yang lebih dalam. Perpustakaan Unair juga menyediakan informasi tentang pertukaran pelajar dan beasiswa Universitas luar negeri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt