Fakta-fakta Menarik Universitas Brawijaya Malang

Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan universitas ini bukan? Universitas Brawijaya atau sering di sebut UB terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Universitas ini termasuk salah satu PTN favorit di Indonesia, tidak heran banyak orang yang bersaing untuk masuk ke universitas ini.

Kota pendidikan sebutan lain dari Kota Malang ini tidak hanya memiliki Universitas Brawijaya tetapi ada beberapa universitas seperti Universitas Negeri Malang dan Universitas Islam Negeri (UIN). Itulah mengapa Kota Malang dijuluki Kota Pendidikan.

Karena banyaknya Sekolah dan PTN favorit disana yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelajar untuk bisa menuntut ilmu disana. Universitas Brawijaya memiliki 15 Fakultas dan 1 program Vokasi. 15 Fakultas itu adalah Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Komputer.

Banyak sekali fakta menarik mengenai kampus ini. Teman-teman pasti penasarankan apa-apa saja fakta menarik dari Universitas Brawijaya ini, berikut fakta menarik mengenai kampus ini akan dijelaskan.

Memiliki sebutan “Kampus Biru”

Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa UB disebut “Kampus Biru”? Saya juga bertanya-tanya saat awal pertama kali mendengar itu. Menurut saya, ada beberapa alasan mengapa UB disebut “Kampus Biru”.

Pertama, seperti yang sudah saya informasikan tadi bahwa UB terletak di Kota Malang. Kota Malang sendiri identik dengan salah satu klub sepakbola Indonesia, yaitu Arema Malang. Kota Malang juga memiliki sebutan “Bumi Arema”, sedangkan Arema sendiri identik dengan warna biru sebagai warna kebesaran dari Arema. Mungkin disitulah ada korelasi antara sebutan untuk Universitas Brawijaya dengan Kota Malang. Pendapat yang kedua, UB memiliki kebanggaan yaitu jas almamater UB yang berwarna biru. Hal itu mungkin bisa juga jadi penyebab munculnya istilah “Kampus Biru”.

Universitas Brawijaya Juara PIMNAS.

PIMNAS singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional adalah ajang bagi para mahasiswa dari berbagai Universitas seluruh Indonesia untuk menuangkan ide-ide pintar kreatif mereka dalam bidang karya ilmiah. Sebanyak 7 PKM diperlombakan dalam PIMNAS, yaitu

PKM-GT (Gagasan Tertulis)

PKM-T (Penerapan Teknologi)

PKM-K (Kewirausahaan)

PKM-M (Pengabdian Kepada Masyarakat)

PKM-KC (Karsa Cipta)

PKM-PSH (Penelitian Sosial Humaniora) dan yang terakhir

PKM-PE (Penelitian Eksakta)

Tahun 2017 ini, UB kembali menyabet sebagai Juara Umum PIMNAS yang ke-30. PIMNAS ke-30 sendiri diadakan dari tanggal 23-28 Agustus 2017 di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Sulawesi Selatan. Sebelumnya, UB telah menjuarai PIMNAS di tahun 2008, 2009, 2012, 2015, dan 2016. Itu artinya, UB mencatat hattrick sebagai juara PIMNAS. Total, sudah 6 kali UB menjadi Juara Umum PIMNAS.

Universitas Brawijaya memiliki 3 Kampus

Universitas Brawijaya pada saat ini telah memiliki 3 Kampus di lokasi yang berbeda. Kampus pusat nya terletak di jalan Veteran Kota Malang, Kampus 2 terletak di kawasan Dieng Kota Malang, dan kampus 3 sendiri berada diluar Kota Malang, yaitu di Kota Kedoro, Jawa Timur.

Kampus Berbasis Entrepreneur

Selain memiliki sebutan “Kampus Biru”, Universitas Brawijaya juga mempunyai sebutan sebagai kampus Entrepreneur. Hal ini sangat jelas karena salah satu misi dari UB yaitu melaksanakan proses belajar sehingga peserta didik dapat menjadi orang dengan kemampuan akademik dan/atau professional serta kepribadian yang baik yang juga memiliki karakteristik wirausaha.

Demikianlah fakta dan rangkuman menarik tentang Universitas Brawijaya semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian

Posting Komentar

0 Komentar