Teknik Pertambangan untuk bekerja di perusahaan Pertambangan

 

Bagi teman-teman yang hendak bekerja di perusahaan pertambangan dan bingung untuk memilih jurusan di Universitas atau perkuliahan. Sudah menjadi sebuah impian tersendiri bagi beberapa orang untuk bekerja di sektor pertambangan. Salah satu yang menjadi idaman adalah banyak orang yang telah lulus kuliah atau universitas kemudian bekerja di sektor yang potensial dan menawarkan penghasilan yang tinggi.

Apabila teman-teman ingin bekerja di sektor pertambangan dengan gaji tinggi maka teman-teman juga perlu mengambil jurusan kuliah yang sesuai. Sehingga setelah lulus dari perguruan tinggi teman-teman sudah tau ingin bekerja di perusahaan pertambangan dengan posisi kerja dan tanggung jawab yang teman- teman sudah pahami selama kuliah.

Jurusan Teknik pertambangan untuk bekerja di perusahaan tambang

Jurusan teknik pertambangan adalah salah satu  jurusan yang terdapat pada perguruan tinggi. Lulusannya akan sangat mudah bekerja diperusahaan pertambangan  dengan posisi tinggi seperti, Asisten, Kepala Teknik, Supervisor Lapangan hingga ke Manager. Namun jangan berpuas hati dulu, untuk berkuliah dengan jurusan teknik pertambangan akan sangat menguras kantong orangtua teman-teman semua. Karena dibarengi dengan praktek, yang membutuhkan biaya ekstra.

Yang menjadi kegiatan sehari-hari mahasiswa teknik pertambagan adalah mempelajari tentang Teknik, Pertambangan, Geologi dan banyak sekali yang mungkin akan membuat teman-teman pusing. Salah satu mata kuliah di perkuliahan adalah teknik pertambangan, mata kuliah ini membahas tentang eksplorasi, dan eksploitasi atas barang tambang yang terdapat di perut bumi, sebagai sumber daya alam mineral yang tidak bisa diperbaharui. Contohnya, batubara, bijih besi, tembaga, perak, aluminium, emas, gas alam dan lain sebagainya.

Mata kuliah jurusan teknik pertambangan

Mata kuliah Teknik Pertambangan merupakan sumber atau bahan teman-teman sekalian untuk bekerja di sektor pertambangan. Dengan mempelajari mata kuliah ini teman-teman akan mengenal lebih dulu apa saja yang akan dikerjakan saat bekerja nanti. Adapun mata kuliah umum yang diajarkan pada mahasiswa teknik pertambangan pada awal perkuliahan adalah Pengantar Sumber Daya Bumi, Geologi Dasar, Eksplorasi tambang, Fisika dasar dan Kalkulus yang dilanjutkan dengan mata kuliah dasar lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa mata kuliah pada jurusan Teknik Pertambangan :

Mekanika tanah

Mekanika teknik

Gambar teknik

Hukum pertambangan dan Ketenagakerjaan

Evaluasi proyek tambang

Sistem penyaluran tambang

Pengolahan bahan galian

Geoteknik tambang

Hidrogeologi

Kesehatan dan keselamatan kerja

Amdal pertambangan

Teknik peledakan

Teknik eksplorasi

Ganesa bahan galian

Pemetaan geologi

Metalurgi umum

Kebijakan mineral

Mekanika batuan

Geomorfologi

Manajemen Pertambangan

Komputasi tambang

Ekonomi mineral

Fisika teknik

Teknik reservoir

Teknik Gas Bumi

Matematika Teknik

Kristalografi dan mineralogi

Bagaimana teman-teman? Sudah mulai pusing atau bingung ? Atau teman teman semakin tertarik untuk berkuliah dan mengambil jurusan Teknik Pertambangan ?

Lulusan jurusan pertambangan dapat bekerja di badan swasta atau badan pemerintah mencakup Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Perusahaan BUMN dan Perusahaan Pertambangan nasional dan asing. sPendek kata, mahasiswa dan mahasiswi jurusan pertambangan dinilai mempunyai prospek kerja yang cerah baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Gaji lulusan teknik pertambangan bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.

Posting Komentar

0 Komentar