Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Bagus, Tertarik?


Kamu ingin masuk kuliah jurusan apa? Untuk kamu yang hendak melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan tentunya sering mendengar pertanyaan seperti itu dari orang sekelilingmu.

Mengejar gelar sarjana perlu dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Pasalnya, gelar yang anda peroleh akan berpengaruh pada perkembangan karier anda di masa depan. Sejumlah jurusan yang banyak diminati seperti kedokteran, ekonomi, teknik, dan amsih banyak lagi.

Padahal, sebenarnya masih ada banyak jurusan yang sepi peminat tetapi justru memiliki peluang kerja yang tinggi.

Lalu, apa saja jurusan yang sepi peminat yang memiliki peluang kerja besar? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

1. Oseanografi


Mungkin kamu belum pernah mendengar tentang jurusan yang satu ini. Oseanografi adalah sebuah cabang ilmu kelautan yang mempelajari tentang berbagai aspek kelautan, seperti dinamika ekosistem, organisme laut, arus samudra, geologi dasar laut, gelombang, dan sebagainya.

Mengingat bahwa Indonesia kaya akan lautan yang sangat luas, tentu pemerintah akan membutuhkan tenaga ahli kelautan yang mumpuni. Terdapat banyak sekali industri perikanan dan kelautan yang membutuhkan lulusan-lulusan oseanografi.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajarii ilmu tentang laut mulai dari arus, hingga fenomena laut teraneh di dunia. Tentu saja kamu akan menjadi tenaga langka yang banyak dibutuhkan negara.

2. Astronomi


Di Indonesia, jurusan ini memang kurang dikenal karena dianggap sulit dan banyak yang belum mengetahui bagaimana prospek kerjanya. Di jurusan astronomi, kamu akan mengamati benda-benda langit seperti bintang, planet, nebula, komet, gugus bintang, atau galaksi. Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Lulusan astronomi bisa bekerja di institusi atau lembaga yang menjanjikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA dan bahkan astronot dengan gaji yang sangat tinggi. ITB merupakan satu-satunya universitas yang mengambil jurusan astronomi di Asia Tenggara.

3. Kehutanan


Indonesia memiliki banyak sekali kawasan hutan yang bahkan ada yang belum terjamah sama sekali. Tak hanya itu, pembakaran hutan dan lahan serta penggunaan lahan yang semena-mena juga semakin marak terjadi dan perlu segera diatasi. Oleh karena itu, pemerintah butuh tenaga ahli yang bisa mengawasi hutan Indonesia.

Melihat fenomena itu, lulusan kehutanan tentu sangat dibutuhkan peranannya. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang cara pengelolaan hutan serta segala hal yang ada di hutan, seperti pengelolaan ekosistem hutan, produktivitas hutan, hingga pemanfaatan dan perlindungan hasil hutan.

4. Antropologi


Jurusan yang satu ini mempelajari tentang hubungan antara masyarakat dalam suatu kelompok dan budaya etnis, mulai dari budaya, perilaku, serta keanekaragamannya. Jurusan antropologi sangat cocok bagi kamu yang tertarik dengan budaya dan hubungan antar manusia.

Lulusan antropologi banyak dicari oleh lembaga dan instansi negara di bidang ilmu budaya. Kamu bisa bekerja sebagai antropolog, peneliti, pengajar, PNS, konsultan, wartawan, budayawan, HRD, dan lain sebagainya.

5. Aktuaris


Seiring berkembangnya asuransi di Indonesia, makin banyak pula instansi yang membutuhkan lulusan  aktuaris. Aktuaris adalah tenaga ahli yang menerapkan ilmu keuangan dan teori statistik. Tugasnya seorang aktuaris adalah menghitung risiko sekaligus biaya bagi perusahaan asuransi.

Setelah membaca ulasan diatas, masih menganggap remeh dengan jurusan tersebut?

Posting Komentar

0 Komentar