Langsung ke konten utama

Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa S1

 

Beasiswa merupakan pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan, ataupun yayasan.

Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi merupakan salah satu dari impian kebanyakan pelajar, apalagi jika diiringi dengan mendapatkan beasiswa. Selain membantu meringankan beban orang tua, beasiswa juga dapat menjadi penyemangat belajar selama berada di bangku perguruan tinggi. Sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi mahasiswa pada bidang akademik.

Nah, buat teman-teman yang penasaran dan ingin tahu rekomendasi beasiswa apa saja yang cocok untuk teman-teman ambil. Berikut rekomendasi beasiswa untuk mahasiswa S1

1. Beasiswa Unggulan

Beasiswa ini ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk masyarakat Indonesia. Beasiswa ini tak hanya ditawarkan pada jenjang Sarjana, melainkan juga pada jenjang Magister dan Doktoral.

Peserta yang dapat mengikuti program ini adalah calon mahasiswa (mahasiswa baru) yang sudah mendapatkan surat diterima di perguruan tinggi, mahasiswa yang baru melaksanakan perkuliahan di semester 1 dan belum mendapatkan KHS atau dapat juga mahasiswa on-going yang sudah memulai perkuliahan maksimal di semester 3 (semua jenjang).

Untuk teman teman yang baru masuk kuliah atau sudah menjadi mahasiswa dan tertarik untuk mencoba beasiswa ini boleh cek website beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id atau bisa juga cek akun instagram @beasiswaunggulan_ri. Cakupan yang didapat mahasiswa apabila mendapatkan beasiswa ini adalah UKT (uang kuliah tunggal), juga mendapatkan uang saku, dan biaya pembelian buku yang teman-teman butuhkan.


2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa ini ditawarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristedikti) kepada mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia yang sedang menempuh jenjang S1/D4 dengan minimal di semester dua dan maksimal semester 8. Beasiswa ini juga ditawarkan kepada mahasiswa yang sedang menempuh jenjang D3 dengan minimal di semester dua dan maksimal semester empat.

Cakupan yang didapat dari beasiswa ini yaitu mendapat bantuan biaya hidup sebesar Rp2,4 juta setiap semester selama satu tahun dan bisa mendaftar lagi di tahun betikutnya. Jika tidak mendaftar di tahun berikutnya, maka berarti tidak lagi mendapat beasiswa PPA ini.

Untuk tertarik yang tertarik mendaftar beasiswa PPA, silahkan meningkatkan nilai atau prestasi teman-teman di kampus atau  silakan hubungi bagian kemahasiswaan kampus masing-masing. Hal ini dikarenakan, informasi mengenai beasiswa PPA biasanya langsung diberikan kepada kampus masing-masing tanpa ada pemberitahuan melalui media sosial.

3. Beasiswa  Bank Indonesia

Beasiswa ini ditawarkan oleh Bank Indonesia kepada para mahasiswa dibeberapa perguruan tinggi di Indonesia yang telah menempuh dan menyelesaikan minimal 40 SKS atau minimal sedang menempuh perkuliahan semester tiga.

Cakupan yang diterima mahasiswa dari beasiswa ini adalah tunjangan biaya hidup sebesar Rp500 ribu sampai Rp750 ribu setiap bulannya selama setahun. Para penerima beasiswa dari bank Indonesia membuat komunitas yang bernama GenBI (Generasi Baru Indonesia)

Selain menginfokan beasiswa, GenBI biasanya sering mengadakan pelatihan-pelatihan yang dapat mengasah skill dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Untuk kamu yang tertarik mendaftar beasiswa tersebut bisa cek akun Instagran GenBI pusat, yaitu @genbi_official, atau juga bisa cek akun Instagram GenBI masing-masing daerah.  

5. Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa ini ditawarkan oleh perusahaan besar yang telah banyak melahirkan atlet-atlet terutama atlet bulu tangkis yang hebat. Selain beasiswa untuk atlet, Djarum juga memiliki program beasiswa untuk mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia. Beasiswa ini ditawarkan kepada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1/D4 di semester 4 dari semua disiplin ilmu.

Para penerima beasiswa mendapatkan tunjangan sebesar Rp.1 juta setiap bulan selama satu tahun. Selain mendapatkan tunjangan dana, para penerima beasiswa juga mendapatkan pelatihan dan pembekalan (soft skills) guna menyerasikan pencapaian akademik yang diperoleh di perkuliahan masing-masing.

Untuk kamu yang tertarik mendaftar beasiswa ini, silakan kunjungi website djarumbeasiswaplus.org atau bisa juga cek akun Instagram @djarumbeasiswaplus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt