Langsung ke konten utama

Mengenal Jurusan Ilmu Hukum dan Prospek Kerjanya


Apakah kamu sedang bingung dalam menentukan jurusan kuliah yang hendak dipilih? Untuk kamu yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan, kamu dapat menimbang beberapa jurusan potensial sesuai minat dan juga memiliki prospek karir yang cerah.

Sebagai rekomendasi, mungkin kamu bisa mempertimbangkan jurusan ilmu hukum. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan soshum yang banyak peminatnya. Penasaran ? Artikel ini akan mengupas tuntas ilmu yang akan kamu dapat ketika belajar di fakultas hukum serta prospek karir kedepannya.

Apa itu jurusan Hukum?

Ilmu Hukum merupakan studi yang mempelajari berbagai sistem hokum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Saat berkuliah di jurusan ilmu hukum, mahasiswa juga belajar mengenai perundang-undangan yang mencakup hukum dasar (konstitusi, hukum, perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas.

Lulusan ilmu hukum diharapkan dapat menguasai dengan baik hukum dan sistem hukum di Indonesia, mempunyai keterampilan dan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan hukum, peka terhadap permasalahan keadilan dan masyarakat, mampu mengenali dan menganalisis permasalahan hukum, serta mampu menerapkan hukum dan peraturan perundang-undangan untuk menyelesaikan masalah hukum.

Kuliah hukum belajar apa saja?

Kamu yang kuliah di jurusan hukum akan bertemu dengan sejumlah mata kuliah berikut:

• Pengantar ilmu Hukum

Mata kuliah ini akan kamu dapatkan saat memasuki semester awal perkuliahan. Mata kuliah dasar ini akan menjadi pondasi pengetahuan terkait hukum, sehingga menjadi materi penting sebelum berlanjut ke materi berikutnya.

• Hukum Perdata

Mata kuliah selanjutnya adalah hukum perdata, mata kuliah ini mempelajari tentang hukum atau peraturan yang mengatur hak dan kepentingan individu dalam masyarakat.

• Hukum Pidana

Mata kuliah ini mempelajari mengenai hukum atau atau aturan untuk pelanggaran dalam bentuk perbuatan yang tidak pantas dan dilarang. Sehingga kamu akan mengenal kasus pelanggaran hukum apa saja yang masuk kategori pidana dan bagaimana proses penyelesaiannya di meja hijau.

• Hukum Lingkungan

Mata kuliah selanjutnya yang akan kamu temukan adalah hukum lingkungan. Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini berisi hukum dan aturan yang berhubungan dengan lingkungan sekitar. Perbuatan tertentu yang akan disebut melanggar hukum lingkungan, misalnya merusak pohon dan sebagainya.

• Hukum Adat

Mahasiswa jurusan ilmu hukum perlu mengetahui apa itu hukum adat, penerapan, dan lain sebagainya. Perlu diketahui, hukum di Indonesia dan Negara di dunia tidak hanya hukum negara, namun juga hukum adat.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Hukum

Umumnya lulusan hukum akan sangat cocok untuk menjadi seorang pengacara, hakim, dan juga jaksa. Hakim memiliki tanggung jawab yang besar, karena bertugas menentukan keadilan bagi terdakwa di pengadilan. Sedangkan jaksa biasanya bertugas menyampaikan dakwaan juga tuntutan dalam penadilan.

Selain Hakim dan Jaksa, kamu juga bisa jadi konsultan. Sama seperti pekerjaan konsultan lainnya, konsultan hukum juga diperlukan untuk mengurus keperluan hukum dari perusahaan maupun perorangan. Jadi, lulusan hukum pasti sangat dibutuhkan. 

Selain itu, kamu juga bisa jadi Legal Officer, yaitu bertugas untuk mengurus dokumen yang berkaitan dengan hukum, mulai dari surat aset, surat perjanjian kerja, kontrak kerja, dan lain sebagainya. Prospek kerja selanjutnya yaitu menjadi seorang notaris. Profesi ini juga jadi salah satu yang cukup populer, lho. Notaris umumnya memiliki tugas untuk membuat akta autentik dan juga menjadi saksi penandatanganan pada dokumen.

Gimana? Setelah mengetahui seluk beluk jurusan ilmu hukum, apakah kamu tertarik untuk menjadi bagian di dalamnya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt