Langsung ke konten utama

Jangan Bingung, Berikut 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah



Memilih jurusan kuliah memang bisa menimbulkan kegalauan tersendiri. Berbagai pertanyaan seputar memilih jurusan kuliah yang cocok pasti terlintas di benak para pelajar yang baru tamat sekolah dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

Bagaimana sih cara memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan dan minat bakat? Berikut dijelaskan 5 tips memilih jurusan kuliah yang tepat agar kamu tidak menyesal dikemudian hari.

1. Pahami Potensi Diri


Ketika dihadapkan pada sekian daftar jurusan kuliah yang harus dipilih, baik dari Orang tua ataupun pilihan diri sendiri, kita membutuhkan alasan yang tepat untuk memilih.

Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu dan berjuang untuk masuk kesana, terlebih dahulu kamu kenali potensi diri. Misalnya jika kamu punya potensi di bidang Sains dan Matematika, maka jurusan yang berhubungan dengan hal tersebut lebih didahulukan. Contohnya seperti jurusan Statistika atau Pendidikan Dokter.

Sama halnya ketika kamu memiliki potensi dibidang bahasa asing dan sastra, jurusan sastra Inggris atau bahasa lain bisa diambil sesuai dengan kemampuan dan minat. Itulah sebabnya, kita perlu mengetahui minat dan bakat yang kita miliki. Pengetahuan ini yang akan membantu kita menentukan jurusan kuliah yang akan diambil.

2. Riset Jurusan Kuliah yang Dipilih


Carilah perguruan tinggi yang sudah terakreditasi, memiliki fasilitas lengkap serta pengajar professional. Kemudian, ketahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada. Pelajari masing-masing ilmunya, prospek alumninya dan hal-hal lain yang dirasa penting untuk diketahui. Langkah ini bisa membantumu menjatuhkan pilihan jurusan kuliah. Cara ini pun dapat diterapkan saat kita punya sebaris daftar jurusan kuliah yang dipilih, baik itu pilihan sendiri ataupun saran dari orang tua.

3. Tidak Ikut Teman


Sepele namun dapat merugikan jika kamu salah pilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman saja. Jangan sesekali mengikuti teman atau mungkin kekasih ketika mengambil jurusan kuliah. Ingat selalu untuk memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Meski berbeda jurusan dengan teman dekat ataupun kekasih, namun tetaplah focus dengan apa yang akan diperoleh. Dengan begitu, situasi sesulit apapun dapat kamu atasi dengan mudah.

4. Sesuaikan Biaya Kuliah


Biaya perkuliahan untuk tiap-tiap jurusan tentu berbeda. UKT Jurusan Kedokteran tentunya akan berbeda dengan Jurusan Agribisnis. Pastikan kamu berdiskusi dengan orang tua terlebih dahulu agar tidak memberatkan mereka di kemudian hari. Kalau orang tua bisa mengusahakan, kamu tidak akan kebingungan. Namun, jika sulit direalisasikan, kamu bisa mengambil jurusan lain atau mencari beasiswa.

5. Konsultasi dengan Orang yang Berpengalaman


Diskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah yang ada saat ini dengan ahlinya, misalnya psikolog pendidikan. Diskusi dengan seseorang yang dekat denganmu yang sudah terlebih dahulu menjalani perkuliahan juga dapat mengurangi benang kusut di kepala. Konsultasi ini bisa dilakukan dengan guru, orangtua, kakak tingkat, atau siapa saja yang lebih ahli dalam bidang ini. Sebelum tes masuk perguruan tinggi, usahakan memilih jurusan yang akan dituju. Jangan asal memilih karena kalau terlanjur masuk dan kamu tidak menikmatinya, peluang untuk kamu lulus tetap waktu akan semakin sulit.

Itu dia beberapa tips dalam memilih jurusan kuliah yang dapat kamu praktikkan. Melalui pertimbangan yang matang, kamu akan mampu menentukan program studi yang tepat sebagai bekal untuk masa depanmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt