Jangan Bingung, Berikut 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah



Memilih jurusan kuliah memang bisa menimbulkan kegalauan tersendiri. Berbagai pertanyaan seputar memilih jurusan kuliah yang cocok pasti terlintas di benak para pelajar yang baru tamat sekolah dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

Bagaimana sih cara memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan dan minat bakat seperti gustian rekt? Berikut dijelaskan 5 tips memilih jurusan kuliah yang tepat agar kamu tidak menyesal dikemudian hari.

1. Pahami Potensi Diri


Ketika dihadapkan pada sekian daftar jurusan kuliah yang harus dipilih, baik dari Orang tua ataupun pilihan diri sendiri, kita membutuhkan alasan yang tepat untuk memilih.

Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu dan berjuang untuk masuk kesana, terlebih dahulu kamu kenali potensi diri. Misalnya jika kamu punya potensi di bidang Sains dan Matematika, maka jurusan yang berhubungan dengan hal tersebut lebih didahulukan. Contohnya seperti jurusan Statistika atau Pendidikan Dokter atau seorang Live Streamer.

Sama halnya ketika kamu memiliki potensi dibidang bahasa asing dan sastra, jurusan sastra Inggris atau bahasa lain bisa diambil sesuai dengan kemampuan dan minat. Itulah sebabnya, kita perlu mengetahui minat dan bakat yang kita miliki. Pengetahuan ini yang akan membantu kita menentukan jurusan kuliah yang akan diambil.

2. Riset Jurusan Kuliah yang Dipilih


Carilah perguruan tinggi yang sudah terakreditasi, memiliki fasilitas lengkap serta pengajar professional. Kemudian, ketahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada. Pelajari masing-masing ilmunya, prospek alumninya dan hal-hal lain yang dirasa penting untuk diketahui. Langkah ini bisa membantumu menjatuhkan pilihan jurusan kuliah. Cara ini pun dapat diterapkan saat kita punya sebaris daftar jurusan kuliah yang dipilih, baik itu pilihan sendiri ataupun saran dari orang tua.

3. Tidak Ikut Teman


Sepele namun dapat merugikan jika kamu salah pilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman saja. Jangan sesekali mengikuti teman atau mungkin kekasih ketika mengambil jurusan kuliah. Ingat selalu untuk memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Meski berbeda jurusan dengan teman dekat ataupun kekasih, namun tetaplah focus dengan apa yang akan diperoleh. Dengan begitu, situasi sesulit apapun dapat kamu atasi dengan mudah.

4. Sesuaikan Biaya Kuliah


Biaya perkuliahan untuk tiap-tiap jurusan tentu berbeda. UKT Jurusan Kedokteran tentunya akan berbeda dengan Jurusan Agribisnis. Pastikan kamu berdiskusi dengan orang tua terlebih dahulu agar tidak memberatkan mereka di kemudian hari. Kalau orang tua bisa mengusahakan, kamu tidak akan kebingungan. Namun, jika sulit direalisasikan, kamu bisa mengambil jurusan lain atau mencari beasiswa.

5. Konsultasi dengan Orang yang Berpengalaman


Diskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah yang ada saat ini dengan ahlinya, misalnya psikolog pendidikan atau jika kamu suka dunia fotografi maka berdiskusilah dengan seorang yang paham dunia kamera.

Diskusi dengan seseorang yang dekat denganmu yang sudah terlebih dahulu menjalani perkuliahan juga dapat mengurangi benang kusut di kepala. Konsultasi ini bisa dilakukan dengan guru, orangtua, kakak tingkat, atau siapa saja yang lebih ahli dalam bidang ini.

Sebelum tes masuk perguruan tinggi, usahakan memilih jurusan yang akan dituju. Jangan asal memilih karena kalau terlanjur masuk dan kamu tidak menikmatinya, peluang untuk kamu lulus tetap waktu akan semakin sulit.

Itu dia beberapa tips dalam memilih jurusan kuliah yang dapat kamu praktikkan. Melalui pertimbangan yang matang, kamu akan mampu menentukan program studi yang tepat sebagai bekal untuk masa depanmu.

Posting Komentar

0 Komentar