6 Rekomendasi Kampus Terbaik di Sumatera

Sumatera merupakan kawasan atau tempat berdirinya ebberapa kampu ternama tanah air. Hal ini mungkin masih dipengaruhi oleh adanya kejayaan dalam peradaban ilmu yang terjadi pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Aceh.

Sampai saat ini ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat di daerah Sumatera. Hal ini terbukti dengan adanya ratusan mahasiswa yang telah lulus dari beberapa kampus yang ada di sana. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di Sumatera, sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord cinta tak harus memiliki ketika menyimak ulasan ini. Langsung saja yuk simak pembahasan berikut ini.

1. Universitas Syiah Kuala


Universitas Syiah Kuala merupakan perguruan tinggi negeri di Banda Aceh. Saat ini, Unsyiah juga telah mengantongi akreditas A oleh BAN-PT pada tahun 2015. Menjadi universitas terbaik di Sumatera yang pertama, Unsyiah memiliki sejarah panjang hingga akhirnya menorehkan prestasi yang gemilang ini.

Unsyiah juga merupakan universitas negeri pertama dan tertua di Provinsi Aceh. Berdirinya Unsyiah dikukuhkan dengan keputusan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 24 April 1962 di Kopelma Darussalam, Banda Aceh.

Hingga saat ini, Universitas Syiah Kuala atau biasa disebut dengan USK ini telah memiliki 13 fakultas yang antara lain fakultas ekonomi dan bisnis, hukum, ilmu sosial dan ilmu politik, keguruan dan ilmu pengetahuan, kelautan dan perikanan, pertanian, matematika dan ipa, teknik serta beberapa fakultas lainnya.

2. Universitas Andalas


Kampus yang terletak di Padang, Sumatera Barat ini merupakan salah satu kampus terbaik di Sumatera. Saat ini kampus tersebut sudah mengalami perkembangan yang cukup besar. Hal ini dapat dapat dilihat dari jumlah fakultas dan prodi yang kian tahun semakin banyak.

Universitas andalas kini memiliki 15 fakultas dan 1 program pascasarjana. Fakultas tersebut meliputi fakultas hukum, ekonomi, ilmu sosial dan politik, ilmu budaya, pertanian, peternakan, matematika dan IPA, teknik serta fakultas lainnya.

3. Universitas Sriwijaya


Universitas Sriwijaya merupakan kampus terluas di Asia Tenggara hal ini karena luasnya mencapai 712 hektar. Unsri adalah kampus kebanggaan bagi para warga Sumatera Selatan. Bahkan, kampus Unsri bisa menjadi salah satu kampus terfavorit di Sumatera.

Kampus ini terkenal dengan menghasilkan artis muda Indonesia. Setiap tahunnya, penerimaan mahasiswa baru di kampus ini selalu mencapai target yang ditetapkan kampus. Saat ini kampus tersebut sudah memiliki sekitar 10 fakultas dan beberapa program studi yang bernaung di bawahnya.

4. Universitas Sumatera Utara


Universitas Sumatera Utara merupakan kampus terbaik di sumatera yang mampu menduduki peringkat kedua. Kampus yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara ini telah berdiri sejak tahun 1952. Awalnya kampus ini berstatus swasta dan pada tahun 1957, berkembang menjadi perguruan tinggi negeri. Saat ini kampus tersebut sedang mengembangkan kampus seluas 300 hektar di Kwala Bekala.

Universitas Sumatera Utara saat ini sudah memiliki 14 fakultas. Fakultas tersebut meliputi fakultas hukum, pertanian, teknik, ekonomi dan bisnis, kedokteran, kedokteran gigi, ilmu budaya, matematik dan MIPA, ilmu sosial dan ilmu politik, kesehatan masyarakat, psikologi, serta beberapa fakultas lain.

5. Universitas Lampung


Kampus terbaik di Sumatera berikutnya adalah Universitas Lampung. Keinginan mendirikan kampus di Lampung merupakan cita-cita para tokoh masyarakat Lampung sejak tahun 1960an, yang dimaksudkan sebagai wahana untuk mencerdaskan masyarakat pada jenjang pendidikan tinggi, karena semakin banyak putera-puteri terbaik lulusan SMA yang harus pergi ke Jawa atau Palembang untuk dapat melanjutkan studinya.

Sejauh ini Unila telah memiliki beberapa fakultas, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik.

6. Universitas Riau


Kampus yang teletak di kota Pekanbaru, Provinsi Riau ini merupakan salah satu kampus paling favorit di tanah Sumatra. Berdirinya kampus ini merupakan keinginan masyarakat dan Pemerintah untuk memiliki perguruan tinggi negeri. hal ini diwujudkan dengan dibentuknya panitia persiapan perguruan tinggi Riau yang berlokasi di Tanjung pinang. Namun setelah ibu kota Provinsi Riau pindah ke Pekanbaru, maka Panitia ini dipindahkan ke kota ini.

Saat ini universitas Riau sudah memiliki 9 fakultas dengan program studi yang cukup menarik perhatian mahasiswa baru.

Itulah rekomendasi kampus terbaik di Sumatera. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan saat SBMPTN.


Posting Komentar

0 Komentar