Langsung ke konten utama

Mengenal Universitas Methodist Indonesia, Kampus Populer di Kota Medan

Universitas Methodist Indonesia (UMI) adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) unggulan yang berada di wilayah Medan, Sumatera Utara. Kampus ini didirikan oleh gereja Methodist Indonesia pada tahun 1965.

Kampus ini sangat cocok bagia anda yang berdomisili di Medan atau memiliki keinginan untuk tinggal di kota Medan. Dengan kualitas yang baik, kamu tidak perlu ragu untuk memilih kampus ini sebagai tempat berkuliah.

Sejarah Singkat Universitas Methodist Indonesia

Berdirinya Universitas Methodist Indonesia Medan (UMI) tidak terlepas dari prakarsa seorang warga jemaat Alm. Drs.F.Hutagalung yang dicetuskannya pada konferensi tahunan GMI tanggal 29 Januari 1969 yang berlangsung di Medan dari tanggal 26 sampai tanggal 31 Januari 1945, dan prakarsa tersebut mendapat sambutan positif dan merupakan salah satu keputusan Komperensi GMI tersebut.

Pada tanggal 1 Agustus 1965 berdirilah Perguruan Tinggi Methodist Indonesia Medan yang disingkat dengan PTMI yang saat itu perkuliahan dilaksanakan di Pergurun Kristen Methodist Indonesia di Jl.Thamrin No.58 (PKMI 2 sekarang).

Di tahun 1967, PTMI membuka Fakultas Jurusan Mesin. Setelah melihat banyaknya dukungan dari masyarakat, maka pihak pengelola PTMI terus berupayaa memacu pengembangan fisik berupa fasilitas Pendidikan dan peningkatan status. Pada tahun 1968 PTMI kembali membuka Fakultas Kedokteran, dan kedua fakultas ini terdaftar di PTIP dengan surat no.156A/DPT/I/1969 tanggal 4 september 1969.

Sesuai undang-undang nomor 22 tahun 1961 tentang perguruan tinggi yang dikelola pihak PTMI, dengan persyaratan 2 fakultas eksakta dan 2 fakultas non eksakta, maka Perguruan Tinggi Methodist Indonesia (PTMI) berubah menjadi Universitas Methodist Indonesia Medan yang disingkat dengan UMI Medan pada tanggal 4 September 1969.

Pada tanggal 22 Juni 1993, kemudian diresmikan gedung kampus II yang terletak di Jl. Setia Budi Pasar II, Tanjung Sari, Medan. Kegiatan perkuliahan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Pertanian pun dipindahkan ke kampus II. Pada tahun 2001/2002, pihak kampus kemudian membuka Diploma 3 (D-III) dengan program studi Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akutansi.

Tak sampai disitu, pada akhir semester genap T.A 2004/2005, UMI kembali membuka satu fakultas baru yaitu Fakultas Ilmu Komputer dengan mengasuh dua program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Pada tahun 2008 semester genap, bertambah satu lagi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Jenjang S1 yang saat ini berada di Fakultas Ilmu Komputer.

Tahun 2020 bertambah Program Studi S2 yaitu Magister Ilmu Manajemen berada di Fakultas Ekonomi dan Magister Ilmu Biomedik dikelola oleh Fakultas Kedokteran. Sehingga saat ini Univesitas Methodist Indonesia mengelola 14 Progam Studi dengan 5 Fakultas.

Visi dan Misi Universitas Methodist Indonesia

Visi :

Menjadi universitas profesional, berkarakter iman, dan etika dalam pengembangan IPTEKS yang unggul di tingkat global tahun 2035.

Misi :

1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

2. Mengembangkan, menciptakan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi dan seni, yang bermakna dan bermanfaat dalam pembangunan nasional yang pluralistik.

3. Mengembangkan tata kelola universitas yang mandiri, efisien, efektif, dan akuntabel, serta peningkatan simbiosis mutualisme.

Tujuan :

1. Menghasilkan alumni yang berkualitas, beriman dan beretika berlandaskan nilai-nilai kasih dan persaudaraan.

2. Menghasilkan temuan-temuan ilmiah yang bermakna dan bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

3. Menghasilkan link and match antara dunia pendidikan tinggi dengan masyarakat industri.

Akreditasi Institusi

Universitas Methodist Indonesia (UMI Medan) telah memperoleh akreditasi institusi B.

Status akreditasi Universitas Methodist Indonesia (UMI Medan):

Predikat: Baik sekali

Tanggal kedaluwarsa: 17 Oktober 2022

Status: Masih berlaku

Nomor SK: 3676/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017

Fakultas di Universitas Methodist Indonesia Serta Fasilitasnya

Universitas Methodist Indonesia menyediakan berbagai fasilitas penunjang untuk mendukung Segala kegiatan mahasiswa, antara lain sebagai berikut:

1. Fasilitas Olahraga

2. Perpustakaan

3. Sarana Ibadah

4. Teknologi Informasi

5. Kalender Pendidikan

6. Free Hotspot

7. Laboratorium

Universitas Methodist Indonesia memiliki 5 fakultas, yaitu :

1. Fakultas Sastra

2. Fakultas Pertanian

3. Fakultas Ekonomi

4. Fakultas Kedokteran

5. Fakultas Ilmu Komputer

Dengan Program Studi sebagai berikut:

1. Agribisnis

2. Agroteknologi

3. Akuntansi

4. Komputerisasi Akuntansi

5. Manajemen

6. Manajemen Informatika

7. Pendidikan Dokter

8. Profesi Dokter

9. Sastra Inggris

10. Sistem Informasi

11. Teknik Informatika

Itula informasi mengenasi Kampus Methodist Indonesia yang cukup popular di kota Medan, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt