Langsung ke konten utama

Mengenal Jurusan Teknik Sipil : Sejarah, Info Perkuliahan & Prospek Kerjanya


Jurusan teknik sipil memang tidak lagi menjadi jurusan yang asing bagi generasi milenial. Banyak murid SMA yang hendak berkuliah di perguruan tinggi mulai mempertimbangkan teknik sipil sebagai pilihan jurusannya. Selain karena prospek karirnya yang sangat luas, lulusan teknik sipil juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri di bidang konstruksi.

Sejarah Teknik Sipil

Awal mulanya muncul praktek rekayasa sipil dimulai oleh Mesir Kuno dan Irak Kuno pada tahun 4000 sampai 2000 SM. Ketika manusia purba mulai meninggalkan zaman nomaden, transportasi menjadi penting menuju pengembangan roda dan berlayar. Pembangunan Piramida di Mesir menjadi bukti bahwa telah terjadi perkembangan didunia sipil pada kala itu. Selain itu, ada beberapa konstruksi kuno lainnya yang telah dibangun ribuan tahun lalu.

Tahun 1818, didirikan sebuah sekolah di London yang bernama the Institution of Civil Engineers dan Thomas Telford sebagai presiden pertamanya. Tak kalah mengembirakannya, perguruan tinggi swasta pertama juga dibangun di Amerika Serikat yaitu Norwich University, di tahun 1819. Dengan adanya sekolah Teknik Sipil, pastinya menjadikan Ilmu Ketekniksipilan bisa dipelajari oleh siapapun.

Kuliah Teknik Sipil Belajar Apa?

Berikut adalah hal-hal yang wajib kamu ketahui terkait perkuliahannya :

1. Struktural

Struktural adalah materi penting dimana kamu bisa belajar mekanika struktur, struktur baja, struktur beton, struktur kayu serta dinamikanya. Mahasiswa jurusan teknik sipil mempelajari tentang struktur bangunan, termasuk seperti apa respon material bangunan pada beban yang diterima. Tujuannya adalah supaya bangunan mampu berdiri tegak juga kokoh untuk mengurangi kerusakan jika terjadi bencana seperti gempa.

2. Geoteknik

Dalam perkuliahan jurusan teknik sipil, geoteknik adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat dan struktur macam-macam tanah maupun batuan supaya bisa menopang suatu bangunan agar dapat berdiri kokoh diatasnya. Mahasiswa dalam materi geoteknik akan belajar tentang semua jenis struktur pada bawah tanah. Dalam mempelajari geoteknik, kamu juga harus belajar tentang mekanika tanah, Dinding penahan tanah, pondasi dan semua hal terkait bentuk pekerjaan dengan tanah.

3. Rekayasa pengairan

Perkuliahan di teknik sipil juga belajar tentang rekayasa pengairan. Tujuannya adalah supaya lebih memahami air, distribusi air, pengendalian air maupun permasalahannya. Pada bidang pembelajaran tersebut juga berhubungan dengan cabang ilmu hidrologi air, membahas cuaca, debit air, dan juga curah hujan. Tidak hanya hidrologi, Kamu juga belajar tentang hidrolika yang membahas sifat material air maupun tekanan dan gaya dorongnya, juga bangunan air seperti irigasi, drainase, pelabuhan, bendungan, ataupun breakwater.

4. Manajemen konstruksi

Teknik sipil juga tidak lepas dari pembelajaran manajemen konstruksi. Pada pembelajaran ini kamu akan belajar proyek konstruksi yang berhubungan dengan ekonomi, biaya proyek, pengembalian modal, maupun perencanaan pekerjaan sesuai jadwal. Manajemen konstruksi juga berhubungan dengan hukum maupun izin bangunan. Sehingga, diharapkan terdapat pengorganisasian pekerjaan di lapangan secara tepat waktu sesuai harapan.

5. Transportasi

Hal penting lainnya yang akan kamu pelajari selama menjadi mahasiswa jurusan teknik sipil yaitu tentang transportasi. Mahasiswa pada jurusan ini akan belajar tentang sistem transportasi termasuk perencanaan dan penerapannya. Misalnya kamu akan lebih paham tentang rekayasa lalu lintas jalan rel, geometrik Jalan Raya sistem transportasi ataupun pemodelan transportasi.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Lulusan jurusan ini dipersiapkan untuk menjadi seorang perencana, perancang, konstruktor, dan manajer di dunia kerja. Selama berkuliah, mahasiswa akan dilatih untuk bisa mengelola pelaksanaan terkait pembangunan secara luas. Berbagai ilmu perkuliahan akan membuat lulusan jurusan teknik sipil mampu bekerja di berbagai sektor, baik nasional maupun privat.

Apalagi negara kita Indonesia merupakan negara berkembang yang masih berusaha meratakan pembangunan di berbagai daerah. Pembangunan ini tentu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Selain itu, pembangunan berskala privat, seperti gedung perkantoran atau proyek perumahan pun terus berlangsung di berbagai kota di Indonesia. Sehingga, bagi kamu yang kuliah mengambil jurusan teknik sipil tidak perlu khawatir tentang prospek kerja setelah lulus dari jurusan ini.

Itulah informasi lengkap tentang apa itu teknik sipil dan bagimana prospek kerjanya. Dengan membaca informasi ini, kamu jadi lebih tahu gambaran perkuliahannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt