10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

 

10Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan
10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun)

Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game. Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia.

Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah seperti Kenny austin? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita.

Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya!

Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan

Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Sebelum kita lanjut, kamu dapat mendengarkan lagu chord runtah sembari memahami artikel ini. Simak betul-betul, oke?

Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabungkan teknologi otomatis dengan teknologi informasi yang akan berdampak pada pengurangan keterlibatan tenaga manusia dalam suatu pekerjaan. Nah, menariknya negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, saat ini sedang menyuarakan revolusi ini.

Lantas bagaimana nasib manusia? Masa enggak bekerja?

Tenang, sebenarnya pengembang teknologi-teknologi tersebut ialah manusia itu sendiri. Selain itu, menurut Oxford Economics dan AS Cisco, perubahan tersebut bisa menghasilkan 28 juta jenis pekerjaan baru dalam dekade berikutnya.

Tapi ini dipengaruhi oleh sumber daya manusia (SDM), tentu kita juga harus berperan aktif mempersiapkan dan terus meningkatkan kemampuan diri agar tidak tertinggal. Makanya, ada berbagai pelatihan yang dibiayai pemerintah untuk meningkatkan kemampuan SDM-nya

Apakah Indonesia sudah siap dengan perkembangan itu?

Tentu saja sudah, Dilansir dari laman resmi Kominfo, udah ada beberapa perusahaan sektor industri yang mulai mengaplikasikan sistem robotik dalam produksinya.

Di samping itu, masyarakat Indonesia juga terbilang mulai menerima dan menikmati perubahan yang terjadi. Misalnya, masyarakat mulai beralih menggunakan dompet digital, transportasi online, hingga transaksi jual-beli secara online. Kebiasaan hidup baru ini terjadi karena adanya teknologi terbaru yang akan terus mengalami perkembangan.

Nah, sekarang waktunya kamu memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan perkembangan yang tidak akan berhenti. Kira-kira apa saja jurusan yang akan dipakai di masa depan?

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan

Ada banyak pilihan jurusan kuliah di universitas-universitas di Indonesia. Namun, pada artikel kali ini kita akan membahas jurusan kuliah yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pekerjaan berdasarkan laporan dari World Economic Forum's.

Menurut temuan World Economic Forum’s dalam Future of Jobs Report 2020, perubahan pola kerja akan terjadi karena tenaga kerja otomatisasi meningkat lebih cepat dari perkiraan, revolusi robot menciptakan 97 juta pekerjaan baru, kemampuan berpikir analitis, kreativitas, dan fleksibilitas menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari, bisnis yang paling kompetitif akan fokus pada peningkatan keterampilan pekerja, serta pekerjaan jarak jauh akan tetap ada.

Selanjutnya, World Economic Forum’s juga memberikan prediksi tingginya permintaan untuk beberapa pekerjaan di masa depan. Jika dirangkum, maka pekerjaan yang disebutkan berkaitan dengan teknologi, internet, dan manajemen.

Sementara itu, mengutip dari jurusanku, pekerjaan yang relatif tidak tersentuh keberadaan teknologi otomatisasi, di antaranya pekerjaan di bidang pendidikan, kesehatan, pelatihan, dan pekerjaan sosial. Berdasarkan hal itu, berikut jurusan kuliah yang lulusannya dibutuhkan di masa depan.

1. Teknik Informatika

Teknik Informatika Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan
Teknik Informatika

Jurusan yang menjanjikan pertama adalah Jurusan Teknik Informatika. Mahasiswa jurusan ini dibentuk agar menjadi ahli dalam bidang teknologi. Bahkan, di jurusan ini kamu juga akan belajar tentang pemrograman hingga membuat aplikasi seperti aplikasi musik untuk memutar lagu aku bukan jodohnya. Makanya, lulusan Jurusan Teknik Informatika akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan. Gimana, minat nggak masuk jurusan ini?

2. Teknik Elektro

Teknik Elektro Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan
Teknik Elektro (Foto: University of Texas)

Selanjutnya, ada Jurusan Teknik Elektro yang ilmunya memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan peradaban manusia. Tentu saja, kebutuhan ilmu dari jurusan ini telah terbukti terus dibutuhkan hingga sekarang. Mahasiswanya nggak hanya belajar soal listrik, tetapi juga telekomunikasi. Tanpa adanya lulusan dari jurusan ini, perkembangan teknologi internet dan komunikasi mungkin nggak sebaik sekarang.

3. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Teknik Robotika dan Kecerdasan Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan
Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (Foto: Jawa Pos)

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang cukup baru di Indonesia. Bahkan, di tahun 2021, hanya Universitas Airlangga yang memiliki jurusan ini, lho. Kelahiran jurusan ini menandakan bahwa mulai dibutuhkannya SDM kompeten dalam mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan.

4. Teknik Mesin

Teknik Mesin Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan
Teknik Mesin (Foto: UMY)

Jurusan Teknik Mesin adalah jurusan yang berkutat pada mesin yang digunakan pada berbagai objek teknologi. Bukan hanya itu, jurusan ini juga akan membuatmu belajar tentang pembuatan dan pengoperasian robot. Menarik ya? Tunggu dulu, untuk masuk ke jurusan ini kamu wajib punya pengetahuan dasar sains, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia.

5. Kedokteran

Kedokteran jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan
Kedokteran (Foto: Shutterstock)

Selama manusia ada di muka bumi, tenaga kesehatan akan selalu dibutuhkan. Makanya, Jurusan Kedokteran menjadi salah satu jurusan dari rumpun Saintek yang banyak diincar oleh anak IPA. Hal ini dikarenakan prospek kerja menjanjikan dari jurusan ini yang akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun. Jadi, jangan ragu untuk pilih jurusan ini kalau kamu jago dalam materi IPA, seperti Biologi, ya.

6. Keperawatan

Keperawatan salah satu jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan
Keperawatan (Foto: Ontamedis)

Selain Jurusan Kedokteran, lulusan jurusan kesehatan lain yang paling dibutuhkan di masa depan adalah Jurusan Keperawatan. Di jurusan ini, mahasiswanya akan mempelajari cara penanganan pasien untuk membantu tugas dokter. Jadi, lulusan jurusan ini nggak kalah penting dari dokter lho posisinya di dunia kerja

7. Keguruan

Keguruan salah satu jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan
Keguruan (Foto: Suaramerdeka)

Pernah dengar cerita tentang Kaisar Hirohito yang menanyakan sisa guru di negaranya sebagai respons pertama setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II? Saat itu beliau mengumpulkan guru yang tersisa dan berhasil membangkitkan negaranya dari keterpurukan. Ya, sepenting itulah guru untuk membangun SDM di dunia. Makanya, lulusan Jurusan Pendidikan akan selalu dibutuhkan. Nah, sekarang tinggal kamu pilih saja mau kuliah di Jurusan Pendidikan yang mana? PGSD, PAUD, PLB, atau lainnya?

8. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer merupakan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan
Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan Saintek yang nggak ada matinya. Adanya kemajuan teknologi yang mengarah pada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi membuat jurusan ini banyak diincar oleh anak IPA. Terus seperti apa kuliah di jurusan ini? Pokoknya, di Jurusan Ilmu Komputer kamu akan dibentuk untuk menjadi mahasiswa yang memiliki wawasan global dan tanggap terhadap kebutuhan dunia di bidang teknologi komputer dan informasi.

9. Teknologi Informasi

salah satu jurusan yang dibutuhkan di masa depan adalah teknologi informasi
Teknologi Informasi

Jurusan berikutnya yang masih berkaitan dengan teknologi ialah Jurusan Teknologi Informasi. Mahasiswa jurusan ini akan belajar konsep dasar computing dan matematika, prinsip teknologi informasi, hingga pengelolaan dan evaluasi terkait sumber daya informasi.

Dalam pembuatan game-game online yang lagi marah di jaman sekarang ini seorang ahli teknologi informasi sangat berperan penting. Algoritma yang digunakan dalam pembuatan game online cukup rumit apalagi game berjenis First Person Shooter (FPS) yang sangat memerlukan real time strategi dalam permainannya.

Karena belajar hal terkait teknologi dan informasi, maka jurusan ini akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan

10. Farmasi

Jurusan Farmasi salah satu jurusan yang dibutuhkan di masa depan
Farmasi

Kamu ingin bekerja di bidang kesehatan, tetapi nggak mau sering bertemu dengan pasien? Jurusan Farmasi kayaknya cocok nih untukmu. Kenapa? Karena nantinya lulusan Jurusan Farmasi akan bekerja di balik layar untuk mengidentifikasi, meracik, hingga menganalisis obat-obatan yang cocok dengan standar kelayakan kesehatan.

Obat-obatan yang dianalisis tidak hanya berasal dari bahan-bahan kimia saja, penggunaan buah-buahan dengan mengekstrak inti sari nya, sudah banyak di praktekkan di berbagai jurusan farmasi. Buah-buahan yang digunakan juga cukup beragam mulai dari buah pisang hingga buah acai.

Nah, karena tugasnya tersebut, maka lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan guna menyediakan asupan obat yang dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan orang sakit.

Demikian 15 jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan menurut saya. Kamu juga dapat mengetahui lagu terbaru yang banyak diputar orang-orang hari-hari ini yaitu lagu chord satu rasa cinta. Terima kasih sudah berkujung ke blog saya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel berikutnya.


Posting Komentar

4 Komentar