Mengenal Universitas Gadjah Mada


Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Gadjah Mada (UGM)? Universitas ini menempati peringkat pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia versi UniRank. Tak heran jika UGM masih emnjadi salah satu kampus terfavorit hingga saat ini.

Sebagai pelopor perguruan tinggi nasional bertaraf dunia yang unggul dan inovatif, UGM menyelenggarakan program pendidikan sarjana, sarjana terapan (vokasi), magister, doktor, hingga kelas internasional.

Sistem pembelajaran di kampus ini juga didukung dnegan sarana dan prasarana yang lengkap, seperti perpustakaan pusat, gelanggang mahasiswa, rumah sakit, dan masih banyak lagi sarana pendukung lainnya.

Untuk lebih mengetahui lebih dalam seputar kampus UGM, simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Sejarah Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi, yakni Sekolah Tinggi Teknik, Akademi Politik Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, dan Perguruan tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten.

Berdirinya kampus ini disahkan oleh Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949 tentang penggabungan perguruan tinggi menjadi universitas. Nama UGM diambil dari nama Mahapati Gadjah Mada yang berhasil menyatukan Nusantara.

Kampus ini diharapkan dapat berkembang menjadi universitas teladan, universitas nasional, universitas perjuangan, universitas kerakyatan, dan pusat kebudayaan. Saat pertama kali berdiri, UGM memiliki beberapa fakultas, sebagai berikut:

1. Fakultas Kedokteran

2. Fakultas Sastra dan Filsafat

3. Fakultas Kedokteran Hewan

4. Fakultas Pertanian

5. Fakultas Teknik

6. Fakultas Hukum

Kegiatan belajar awalnya dilakukan du Stinggil dan Pagelaran dengan memanfaatkan fasilitas di Kraton Yogyakarta. Kemudiaan pada 1951, pembangunan du kamous Bulaksumur pun dimulai. Hingga kini, UGM telah memiliki 18 fakultas, satu sekolah Pascasarjana, dan satu Sekolah Vokasi dengan puluhan program studi.

Fakultas dan Jurusan yang Ada di UGM

Berikut daftar fakultas dan jurusan yang ada di UGM.

1.Fakultas Biologi

2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis

3. Fakultas Farmasi

4. Fakultas Filsafat

6. Fakultas Hukum.

7. Fakultas Ilmu Budaya

8. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

9. Fakultas kedokteran Gigi

10. Fakultas Kedokteran Hewan

11. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

12. Fakultas Kehutanan

13. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

14. Fakultas Pertanian

15. Fakultas Peternakan

16. Fakultas Psikologi

17. Fakultas Teknik

18. Fakultas Teknologi Pertanian

Logo Universitas Gadjah Mada


1. Pusat lambang berupa matahari yang memiliki berlubang dan memancarkan sinar dalam bentuk lima kesatuan kumpulan sinar. Setiap kesatuan kumpulan sinar terdiri dari sembilan belas sorot sinar. Surya dan sinar berwarna kuning emas.

2. Di sekitar lubang di tengah surya terdapat dua bentuk lingkaran. Lingkaran dalam terdiri dari huruf-huruf berbunyi: GADJAH MADA. Lingkaran luar, di bagian atas terdapat tulisan UNIVERSITAS, dan di bagian bawah tertulis JOGJAKARTA. Kedua bentuk lingkaran itu bersusun, sehingga serupa surya kembar, sedangkan lima kesatuan kumpulan sinar surya berbentuk kartika atau bintang bersegi lima.

3. Pusat lambang dilindungi oleh lima songkok, ialah topi kebesaran panglima. Di antara songkok-songkok terdapat lima tombak. Songkok berwarna putih dan tombak berwarna kuning.

Biaya Kuliah UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta telah menetapkan biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) Uang Kuliah Tunggal Tahun Akademik 2021/2022 sebagai biaya kuliah yang ditanggung setiap mahasiswa baik program Sarjana maupun Diploma.

Uang Kuliah Tunggal terdiri dari kelompok I sampai dengan kelompok VIII yang ditentukan berdasarkan kelompok kemampuan ekonomi masing-masing.

Pengelompokan UKT ditentukan berdasarkan penghasilan yang terdiri penghasilan kotor + penghasilan tambahan ayah dan ibu, ditambah penghasilan tambahan ayah dan ibu dengan kriteria sebagai berikut:

1. UKT 0 Peserta Bidikmisi

2. UKT 1 Penghasilan ≤ 500.000

3. UKT 2 500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000

4. UKT 3 2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000

5. UKT 4 3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000

6. UKT 5 5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000

7. UKT 6 10.000.000 < Penghasilan ≤ 20.000.000

8. UKT 7 20.000.000 < Penghasilan ≤ 30.000.000

9. UKT 8 Penghasilan > 30.000.000

Itulah tadi informasi seputar Universitas Gadjah Mada yang menarik untuk diketahui. Kampus ini juga banyak diincar oleh selebriti tanah air seperti Sonia Alyssa dan Cinta Laura loh!

Posting Komentar

0 Komentar