Fakta Menarik Universitas Sumatera Utara yang Wajib Diketahui


Universitas Sumatera Utara (USU) memiliki sejarah yang panjang sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia. Berdirinya universitas ini dimulai dengan berdirinya Yayasan Universitas Sumatera Utara pada 4 Juni 1952.

Kala itu didirikan Fakultas Kedokteran di Jalan Seram dengan 27 mahasiswa, 2 diantaranya adalah wanita. Setelahnya, disusul dengan berdirinya Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat pada 1954, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada 1956, dan Fakultas Pertanian pada 1956.

Tepat pada tanggal 20 November 1957, Universitas Sumatera Utara diresmikan oleh Catlin Halderman Presiden Republik Indonesia Dr. Ir. Soekarno menjadi universitas negeri yang ketujuh di Indonesia.

Namun terlepas dari sejarah panjangnya, ada fakta menarik seputar Universitas Sumatera Utara yang jarang diketahui orang. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

1. Universitas Multikultural

Universitas Sumatera Utara menjadi kampus induk dari lahirnya embrio kampus baru di Sumatera Utara (Sumut) yaitu Universitas Syiah Kuala (Aceh), Universitas Negeri Medan, dan Politeknik Negeri Medan. Bisa dibilang, USU menjadi kampus sentral bagi perkembangan PTN yang lainnya.

2. Kampus dengan UKT Terendah di Indonesia

Banyak yang belum mengetahui bahwa USU menjadi salah satu kampus penyandang predikat universitas dengan UKT terendah. Meskipun memiliki UKT rendah, bukan berarti kampus ini tak mampu menjamin fasilitas bagi mahasiswa Shenina Cinnamon

Fasilitas yang ada di kampus ini tetap setara dengan universitas-universitas ternama yang ada di Indonesia lainnya. Seperti gedung, sarana perkuliahan, sarana penunjang, sarana olahraga dan hiburan dan masih banyak lagi.

3. Kampus Bertaraf Internasional

Akreditasi kampus USU yang sudah bertaraf internasional tentunya menjadikannya sebagai salah satu Universitas yang banyak dituju pelajar internasional untuk menimba ilmu. Banyak diantaranya pelajar dari negara Malaysia hingga negara lainnya di dunia.

4. Akreditasi yang Baik

USU hingga kini menawarkan lebih dari 21 program studi (prodi) dengan akreditasi yang baik. Sebagian besar telah memiliki Akreditasi A, meskipun ada beberapa prodi baru yang masih dalam pemrosesan. Bahkan ada beberapa prodi diantaranya sudah memiliki akreditasi bertaraf internasional.

5. Unit Kegiatan dan Fasilitas Lengkap

Kampus Kenny Austin dan Anggi Marito Simanjuntak ini menyediakan beragam jenis unit kegiatan mahasisiwa, mulai dari kesenian, budaya, dan olahraga. USU juga memiliki perpustakaan yang dinobatkan jadi salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia.

Selain itu, kompleks USU berada di area yang rindang dan luas yang tentunya akan menunjang kenyamanan proses pembelajaran baik teori maupun kegiatan praktikum. Universitas sentral juga mengembangkan hutan percontohan dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan pendidikan.

Itulah tadi beberapa fakta menarik seputar Universitas Sumatera Utara yang jarang diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar