5 Fakta Menarik Universitas Airlangga


Memilih Universitas dalam menentukan perjalanan studi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena akan turut mempengaruhi perjalanan karier juga. Beberapa artis seperti Randy Martin dan Randy Pangalila juga demikian, yang merancang pendidikan nya sedemikian rupa.

Di Indonesia sendiri, ada banyak universitas-universitas unggulan yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan, salah satunya Universitas Airlangga.

Universitas Airlangga adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak dituju calon mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia. Hampir setiap tahunnya Universitas Airlangga menerima lebih dari 5.000 mahasiswa baru.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik seputar Universitas Airlangga yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Diresmikan Ir. Soekarno

Melansir daari website resmi Universitas Airlangga, sejarah kampus ini berawal dari cikal bakal lembaga pendidikan Netherlands Indische Artsen (NIAS) dan School Tot Opleiding Van Indische Tandartsen (STOVIT). Masing-masing didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1913 dab 1928.

Pemerintah Indonesia baru meresmikan Universitas Airlangga Surabaya pada 1954 yang dilakukan oleh Ir. Soekarno dan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan ke-9.

2. Memiliki Perpustakaan yang Nyaman dan Lengkap

Perpustakaan UNAIR memiliki jutaan koleksi buku yang juga menjadi salah satu perpustakaan terlengkap di Indonesia. Selain fasilitasnya yang lengkap, terdapat American Corner yang bisa digunakan untuk belajar dan mengasah kemampuan bahas aInggris lebih dalam.

Perpustakaan kampus ini juga menyediakan informasi-informasi terkait pertukaran pelajar dan beasiswa dari Universitas luar negeri.

3. Memiliki Rumah Sakit Sendiri

Kampus ini juga dilengkapi dengan rumah sakit sendiri yang telaha berstandar Internasional. Selain menjadi tempat rujukan untuk melakukan riset terkait dunia medis, RS UNAIR juga dilengkapi dengan tenaga-tenaga medis profesional dan alat kesehatan yang canggih.

4. Arti Nama Airlangga

Airlangga adalah pendiri kerajaan kahirupan yang memerintah 1009-1042 dengan gelar Sri Maharaja Rakai Hulu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa, dengan wilayah kekuasaan hampir di seluruh wilayah Jawa Timur.

Pemberian nama Airlangga karena memiliki arti ‘Sang Pemelihara”, yakni seorang raja yang sangat terkenal pada abad XI. Raja yang bijaksana, cakap, dan mampu menyatukan wilayah di kawasan Timur Indonesia.

5. Fakultas Kedokterannya Terkenal

Universitas negeri yang satu ini berawal dari sekolah kedokteran yang diberi nama Dokter Java School pada 1851. Hingga kini, fakultas kedokteran di UNAIR masih menjadi primadona di kalangan mahasiswa. Hampir semua orang berlomba-lomba untuk bisa masuk dan bergabung ke fakultas ini.

Itulah tadi beberapa fakta menarik Universitas Airlangga yang harus kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk bergabung?

Posting Komentar

0 Komentar