5 Alasan Mengapa Kamu Memilih Kuliah di Universitas Sebelas Maret


Memilih Universitas dalam menentukan perjalanan studi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena akan turut mempengaruhi perjalanan karier juga. Beberapa artis seperti Kevin Hillers dan Cinta Laura juga demikian, yang merancang pendidikan nya sedemikian rupa.

Di Indonesia, ada begitu banyak universitas dengan akreditasi baik yang mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan. Salah satu kampus yang banyak dilirik ialah, Universitas Sebelas Maret (UNS).

Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan satu-satunya kampus negeri di kota Solo. Meskipun namanya tidak se-populer UGM atau UI, namun prestasi UNS tak bisa dipandang sebelah mata.

Bagi kamu yang masih bingung memilih kampus untuk melanjut ke jenjang perkuliahan, UNS mungkin bisa menjadi pertimbangan. Berikut ini adalah beberapa alasan kamu harus berkuliah di sana. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. UNS Peringkat 3 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Pada 22 Januari 2016, UNS memperoleh peringkat ke-3 perguruan tinggi terbaik berdasarkan versi 4ICU (4 International Colleges and Universities). Tak hanya itu, penilaian dari Webometrics pada Januari 2015 juga mencatat bahwa UNS masuk 6 besar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia dan peringkat 1223 dunia.

Nilai akreditasi UNS dari BAN PT adalah A dan masih banyak lagi prestasi-prestasi UNS yang berhasil ditorehkan. Penilaian yang dilakukan oleh instansi terkait menandakan adanya pengakuan bahwa sebuah universitas berkinerja baik.

2. Biaya Pendidikan Terjangkau

Salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan dalam memilih universitas ialah biaya pendidikan. UNS memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk setiap semesternya. UKT itu sendiri adalah sistem pembayaran dengan metode subsidi silang.

Besaran UKT biasanya dikelompokkan sesuai dengan kemampuan perekonomian keluarga mahasiswa. Sekali membayar UKT, kamu tidak perlu lagi membayar dana-dana yang lainnya. Cukup sekali pembayaran dalam setiap semesternya.

3. Jurusan Bervariatif dan Umumnya Berakreditasi A

Universita Sebela Maret memiliki 10 fakultas dan masing-masing fakultas terdiri dari beberapa jurusan yang bervariasi. Kamu tingga pilih sesuai dengan minat dan bakat. Banyak jurusan di UNS yang berakreditasi A dan ada juga yang B.

Jadi, bisa dikatakan semua jurusan yang ada di sana memiliki reputasi yang baik. Hal ini juga nantinya akan berpengaruh saat kamu nanti mencari kerja.

4. Free Hotspot di Semua Kawasan UNS

Di era digital, koneksi internet seakan sudah menjadi kebutuhan dan bukan sekadar gaya hidup. UNS meneyadiakan layanan free hotspot yang memungkinkan kamu untuk memperoleh informasi, bertransaksi elektronik, mengirim email, dan masih banyak lagi.

5. Green Campus

Salah satu ciri khas UNS ialah nuanja hijau karena banyaknya pepohonan di area sekitar kampus. Berbagai jenis pohon dan tanaman-tanaman lainnya tumbuh subur di sana. Dengan demikian, maka tak heran jika UNS pernah di anugerahi penghargaan sebagai “Green Campus” versi UI-Greenmatrics pada Januari 2014 lalu.

Pada November atau saat akan memasuki musim penghujan, kamu akan melihat pemandangan yang indah seperti di luar negeri ketika musim gugur. Bunga-bunga Angsana yang jatuh berguguran layaknya karpet kuning tampak begitu indah memenuhi jalan di UNS.

Itulah tadi ebberapa alasan mengapa kamu harus memilih berkuliah di UNS. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk bergabung?


Posting Komentar

0 Komentar