5 Tips Memilih Tempat Magang Bagi Mahasiswa

 

Magang merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa sebelum menyelesaikan pendidikan. Gunanya adalah untuk mendapatkan pengalaman serta gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya.

Selain berfungsi untuk memperbanyak pengalaman, kegiatan magang juga berguna untuk meningkatkan kemahiran berkomunikasi dan berorganiasasi secara profesional.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan lokasi magang yang sesuai dengan minat dan bakat. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Pilih Perusahaan Sesuai Jurusan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menentukan tempat magang adalah mencari perusahaan yang sesuai dengan jurusan kuliah. Jangan sampai memilih perusahaan yang justru tidak mengakomodasi kompetensi dan keahlian.

Sebab, kamu tak akan mendapatkan ilmu sesuai dengan jurusan yang sedang dijalani. Selain itu, kamu juga tak akan mengetahui apa yang sedang berkembang di bidang kompetensimu.

2. Cek Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas tak hanya terkait dengan nama besar perusahaan saja, tapi juga manajemen perusahaannya, sistem kerja, serta lingkungan dan budaya kerjanya. Dengan memperhatikan keseluruhan aspek tersebut, siswa akan lebih nyaman dan bersemangat dalam menjalani program magang.

3. Sesuaikan Dengan Pekerjaan Impian

Program magang akan memberikanmu berbagai pengalaman berharga yang nantinya bisa diapliaksikan di dunia kerja. Bisa dikatakan, magang menjadi pintu gerbang untuk membuka dunia kerja yang d dambakan. Oleh sebab itu, pastikan bahwa lokasi magang mu sesuai dengan passion dan pekerjaan yang diimpikan di masa depan.

Sebagai contoh, jika kamu menyukai dunia jurnalistik dan yang berhubungan dengan komunikasi, kamu bisa menjatuhkan lamaran untuk magang di perusahaan media maupun perusahaan rintisan yang berhubungan dengan menulis.

4. Perhatikan Benerfit yang Ditawarkan

Tips selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan benefit atau keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan. Perlu diketahui, magang bukan hanya bertujuan untuk memenuhi mata kuliah wajib, tapi juga sebagai salah satu media untuk memperluas relasi.

Selain itu, magang juga bisa menjadi modal awal untuk meniti karier di masa depan. Jadi, pertimbangkan hal-hal tersebut saat kamu memilih lokasi magang.

5. Perhatikan Lokasi Perusahaan

Hal lain yang tak kalah penting adalah mempertimbangkan lokasi perusahaan yang hendak dituju. Sebaiknya perusahaan tersebut tidak terlalu jauh dari kampus ataupun tempat tinggalmu. Pilihlah perusahaan dengan akses yang terjangkau dan tak terbatas moda transportasinya.

Itulah ulasan tentang tips memilih tempat magang bagi mahasiswa yang penting untuk diketahui. Manfaatkan momen magangmu sebaik mungkin sebagai batu loncatan untuk meraih pekerjaan impian yang sesungguhnya.

Posting Komentar

0 Komentar