Cara Menggali Minat dan Bakat Agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah


Pentingkah mengetahui minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah? Jawabannya sangat penting. Sebab, banyak mahasiswa yang sudah masuk ke jurusan pilihannya, namun malah menyesal dan merasa salah pilih jurusan.

Hal itu karena jurusan yang dijalaninya tidak sesuai dnegan minat dan bakatnya. Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat tentu akan membuatmu lebih bersemangat dan menikmati proses.

Dengan demikian, hasil yang dicapai pun akan lebih optimal dibandingkan dengan kamu memilih jurusan hanya karena terpaksa atau karena sekadar ikut-ikutan teman saja.

Dilansir dari Ruangguru, berikut ini dijelaskan lima cara menggali minat dan bakat agar tak salah memilih jurusan kuliah. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

2. Ikut Tes Minat dan Bakat

Tes minat bakat umumnya terbagi dalam tiga bagian pertanyaan, yakni aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang disukai.

Saat ini ada banyak tes minat dan bakat yang bisa diakses di internet. Sebaiknya pilihlah tes yang memiliki tingkat akurasi paling tinggi.

2. Tulis Semua Hal yang Disukai

Tuangkan semua hal yang kamu suka ke dalam bentuk tulisan. Meski terlihat sepele, namun hal ini akan membantu untuk keep track tentang hal apa saja yang bisa menarik perhatian mu. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah mengenali sesuatu yang diminati.

3. Amati Caramu Menyelesaikan Pekerjaan Sehari-hari

Pada dasarnya, bakat merupakan kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif cepat dibandingkan dengan orang lain, namun dengan hasil yang lebih baik tentunya.

Nah, jika ada aktivitas yang bisa kamu lakukan lebih baik dari orang lain, bisa jadi memang itulah potensi bakat yang ada pada dirimu.

4. Ketahui Hobimu dengan Baik

Apa sih hobi yang paling sering kamu lakukan dan membuat mu senang? Jangan anggap hobi sebagai sesuatu hal yang sepele, sebab hobi bisa menjadi salah satu petunjuk untuk mengetahui minat dan bakat yang kamu punya.

Misalnya saja, hobi kamu menulis atau menggambar. Nah, kamu dapat mencari tahu jurusan perkuliahan yang sesuai dengan hobi kamu tersebut.

5. Minta Pendapat Orang Terdekat

Orang yang berada di sekitar tentu lebih mengamati tingkah laku kita. Karenanya, cobalah untuk menanyakan tentang apa yang membuat kamu spesial di mata mereka? bisa jadi setelah evaluasi tersebut, kamu menemukan kelebihan yang sebelumnya tak disadari.

6. Siapa Role Model-mu?

Langkah terakhir, kamu bisa mencoba menentukan stidaknya tiga orang role model atau yang bisa menjadi inspirasi dalam menjalani hidup.

Selanjutnya, pikirkan secara spesifik tentang masing-masing hal dari mereka yang membuatmu terinspirasi, misalnya pencapaian, gaya hidup, kecerdasan, atau yang lainnya.

Itulah tadi lima cara yang bisa dilakukan untuk mengenali minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah. Tunggu apa lagi? Aplikasikan cara-cara tersebut agar kamu lebih mudah dalam menentukan jurusan perkuliahan ya.

Perlu diingat, memilih jurusan merupaka salah satu langkah penting dalam menentukan pendidikanmu. pasalnya, pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dan wajib untuk diperjuangkan. Contohnya seperti Elina Joerg dan Cinta Laura, yang merupakan aktris sekaligus model tanah air yang tak pernah meninggalkan pendidikan, meskipun kariernya sedang melejit di industri hiburan tanah air.

Posting Komentar

0 Komentar