Mengenal Lebih Dekat Universitas Sebelas Maret


Memilih Universitas dalam menentukan perjalanan studi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena akan turut mempengaruhi perjalanan karier juga. Beberapa artis seperti Ricky Cuaca dan Cinta Laura juga demikian, yang merancang pendidikan nya sedemikian rupa.

Universitas Sebelas Maret merupakan kampus negeri yang terletak di kota Surakarta atau Solo, Jawa Tengah. Sejarah panjang menyelimuti uniknya kampus ini yang jika disingkat menjadi UNS.

Mengapa demikian? Untuk lebih mengetahui lebih dalam seputar UNS, simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Sejarah Singkat Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret terletak di Jalan Ir. Sutami No. 36 A Surakarta. Jika berkunjung ke sana, kamu akan disambut dengan berbagai jenis tanaman hijau nan sejuk. Angin yang berhembus akan menambah kenyamanan kampus ini.

UNS didirikan pada 11 Maret 1976 oleh Presiden Soeharto berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1976 Tentang Pendirian Universitas Negeri Surakarta (UNS) Sebelas Maret. Namun pada 1982, nama UNS Sebelas Maret disingkat menjadi Universitas Sebelas Maret.

Perubahan singkatan ini sesuai dengan Keppres RI nomor 55 Tahun 1982. Cikal bakal UNS ini adalah penggabungan dari 12 Universitas swasta di kota Solo, diantaranya Sekolah Tinggi Olah Raga Negeri Surakarta, Akademi Administrasi Negeri Surakarta, Universitas Islam Indonesia Cabang Surakarta, Universitas Saraswati, dan lain-lain.

Visi dan Misi

Lebih dari 40 tahun berdiri, UNS telah mengalami banyak perubahan dan kemajuan yang pesat dibidang akademik dan kemahasiswaan. Daam upaya menuju akselerasi World Class University (Universitas berkelas dunia), kampus ini berpijak pada visi, misi, dan tujuan sebagai berikut:

Visi

Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat Internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap;

2. Menyelenggarakan penelitian yang mengarah pada penemuan baru di bidang ilmu, teknologi, dan seni;

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat.

Prestasi Universitas Sebelas Maret

UNS membuktikan kesuksesannya lewat berbagai prestasi-prestasi gemilang, diantaranya:

1. Kualitas intake calon mahasiswa UNS yang diterima melalui SBMPTN 2013, UNS menduduki ranking 9 untuk ketetatan yang tinggi

2. Peringkat ke 136 di dunia atau 7 PT di Indonesia sebagai “Green Campus” versi UI-Greenmatrics pada Januari 2014

3. Peringkat 691 dunia atau peringkat 5 Indonesia menurut versi 4 International Colleges and Universities (4ICU).

4. Peringkat 367 dunia atau 6 Indonesia dalam ranking web of repositories atau peringkat 1.223 dunia atau peringkat 6 Indonesia dalam versi pemeringkatan webometric ranking web of universities.

Adapun peringkat UNS di Asia Tenggara adalah sebagai berikut:

UNS tahun 2018 berada pada peringkat ke-25 versi 4iCU (UniRank)

UNS tahun 2018 berada pada peringkat ke-79 versi Webometrics

UNS tahun 2018 berada pada peringkat ke-95 versi UI GreenMetrics

Itulah tadi penjelasan tentang Universitas Sebelas Maret lengkap dengan prestasi yang diraihnya. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk bergabung?

Posting Komentar

0 Komentar