Fakta Menarik Universitas Sebelas Maret yang Harus Diketahui


Memilih Universitas dalam menentukan perjalanan studi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena akan turut mempengaruhi perjalanan karier juga. Beberapa artis seperti Ricky Cuaca dan Cinta Laura juga demikian, yang merancang pendidikan nya sedemikian rupa.

Ada banyak kampus negeri di Indonesia yang ramai peminatnya, salah satunya adalah Universitas Sebelas Maret. Tentu bukan tanpa alasan, kampus ini ttelah mencetak lulusan-lulusan terbaik yang siap bersaing di dunia kerja.

Siapa yang tak kenal dengan Universitas Sebelas Maret atau yang disingkat UNS? Kampus yang terletak di Surakarta ini menjadi salah satu kampus yang banyak diminati yang berasal dari seluruh penjuru nusantara bahkan dari luar Indonesia.

Namun tahukah kamu, ternyata ada hal unik dan menarik seputar kampus ini. apa saja itu? simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. UNS Mempunyai 5 Kawasan Ibadah

UNS menyediakan daerah untuk beribadah bagi 5 agama. Nah, buat kamu yang menimba ilmu di sini tak perlu galau mencari tempat ibadah, sebab kamupus ini telah membentuk lima kawasan ibadah yakni, gereja, masjid, pura, vihara, dan kelenteng.

Kelima lokasi ibadah tersebut berada di kompleks yang jaraknya berdekatan. Hal tersebut menunjukkan bahwa UNS menjunjung tinggi nilai toleransi dalam kehidupan beragama. Uniknya, kawasan ibadah tersebut bukan hanya digunakan oleh civitas akademika Uns saja, melainkan terbuka untuk umum.

2. Memiliki Banyak Kampus

UNS memiliki banyak kampus cabang yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satu fakultas yang mempunyai kampus di beerbagai daerah adalah Fakultas Keguruan, yang tersebar di daerah Kentingan, Pabelan, kampus Mesen, Kebumen, dan juga Ngoresan.

3. Musim Gugur Bunga Angsana

Di bulan eksklusif, beberapa titik kampus UNS diwarnai dengan pemandangan bunga angsana yang berguguran. Peristiwa gugurnya bunga angsana ini kerap dijadikan spot fotot bagi para mahasiswa. Lokasi yang sering digunakan untuk menikmati musim gugur bunga angsana ada di fakultas teknik, fakultas hukum, jembatan pertanian UNS, dan masjid kampus.

4. Terdapat Lampu Bangjo yang Tidak Memiliki Harga Diri

Mahasiswa semester usang di kampus ini tentunya sudah paham di mana keberadaan lampu Bangjo yang tak memiliki harga diri. Lampu ini berada di wilayah Ngoresan, tepatnya di timur gerbang belakang kampus. Uniknya, Lampu Bangjo disebut tak memiliki harga diri lantaran keberadaannya yang tidak disebut sama sekali.

Meski menyala rona merah, namun kendaraan tetap lalang melintas begitu saja. Jika mentaati peraturan dengan berhenti di lampu merah Bangjo ini, kamu justu akan disambut dengan klaksong yang berasal dari pengendara lainnya.

Orang yang berhenti di lampu merah tersebut umumnya adalah orang baru atau mahasiswa baru yang jarang melintasi kawasan tersebut.

5. Banyak yang Tidak Tahu Kepanjangan UNS

Mahasiswa UNS acapkali mendapat pertanyaan tentang kepanjangan dari UNS. Banyak yang beranggapan bahwa UNS merupakan singkatan dari Universitas Negeri solo, padahal sebenarnya kepanjangan dari UNS ialah Universitas Sebelas Maret.

Itulah tadi deretan fakta menarik seputar Universitas Sebelas Maret yang harus diketahui, khususnya bagi kamu yang berminat untuk menempuh pendidikan di sana.

Posting Komentar

0 Komentar