Deretan Universitas Tertua di Dunia

Setelah menyelesaikan pendidikan dari Sekolah Menengah atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tentu kita akan berfikir untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Tahukah kamu, sejak zaman dulu telah ada beberapa universitas yang telah berkontribusi pada ilmu pengetahuan dunia. Meski demikian, universitas-universitas tua ini masih relevan hingga saat ini.

Lantas, universitas apa saja yang tertua di dunia? Simakn ulasan lengkapnya di abwah ini yuk!

1. University of Al-Karaouine (Maroko)


Guinness World Records mencatat bahwa University of Al-Karaouine atau Universitas Al-Qarawiyyin di Fes, Maroko, tercatat sebagai perguruan tinggi tertua di dunia. Diketahui bahwa universitas ini aktif sejak tahun 859 Masehi dan masih eksis hingga saat ini.

Dilansir dari artikel Larbi Arbaoui bertajuk "Al Qarawiyyin of Fez: The Oldest University in the World" dalam Moroccoworldnews (2 Oktober 2012), dikatakan bahwa awalnya perguruan tinggi ini adalah sebuah masjid yang didirikan oleh seorang wanita bernama Fatima al-Fihri.

Masjid tersebut digunakan untuk menggelar kajian atau diskusi, namun saat itu yang dibahas hanya persoalan atau topik-topik seputar agama Islam. Seiring berjalannya waktu, proses pembelajaran di masjid itu berkembang menjadi semakin luas, bahkan berkembang hingga menjadi sebuah lembaga pendidikan tinggi terkemuka.

2. Al-Azhar University (Mesir)


Walaupun tidak memperoleh status universitas hingga tahun 1961, Universitas Al-Azhar tetap menjadi salah satu kampus tertua di dunia yang berdiri sejak awal 970 M di Kairo, Mesir. Universitas ini menempati posisi kedua sebagai universitas tertua di dunia yang hingga saat ini masih aktif beroperasi. Al-Azhar adalah universitas modern yang menjadi pusat utama sastra dan literatur Arab serta pembelajaran Islam di dunia.

Awalnya, universitas ini dikenal sebagai pusat pembelajaran Islam yang mengembangkan kurikulum modern mata pelajaran sekuler. Namun kini selain studi tradisional, sekolah ini juga menawarkan program dalam bisnis, ekonomi, sains, kedokteran, teknik, dan juga pertanian.

3. University of Bologna (Italia)


Guinness World Records mencatat bahwa University of Bologna merupakan perguruan tinggi tertua yang ada di Eropa sekaligus di Italia. Berdiri sejak tahun 1088 di Bologna, Italia, universitas ini menjadi “surga” bagi pendidikan tinggi kala itu.

University of Bologna juga menjadi perguruan tinggi pertama yang mengadopsi istilah “almamater”. Hingga saat ini, University of Bologna merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Italia yang paling bergengsi dan Eropa, serta sering menempati urutan pertama di tingkat nasional.

4. University of Oxford (Inggris)


Pertama kali diketahui eksis antara tahun 1096-1167, University of Oxford masih menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik dunia saat ini dan menghasilkan banyak alumni terkemuka, termasuk 28 pemenang Hadiah Nobel. Tak hanya itu, 27 orang yang pernah menjabat Perdana Menteri Inggris merupakan lulusan dari universitas ini.

5. University of Salamanca


Terletak tepat di sebelah barat Madrid, Spanyol, University of Salamanca ini menjadi universitas tertua kelima di dunia. Awalnya, institusi tertua di Spanyol ini merupakan sekolah katedral yang keberadaannya diketahui pada 1130. Tahun 1134, sekolah ini diakui sebagai "sekolah umum kerajaan". Selanjutnya, Raja Leonese Alfonso IX meresmikannya pada 1218.

Itulah tadi deretan universitas tertua yang ada di dunia. Berbicara tentang kampus tertua yang ada di luar negeri ini, terdapat beberapa aktris tanah air yang menimba ilmu di luar negeri seperti Elina Joerg, Naomi Zaskia, hingga Cinta Laura. bagaimana, apakah kamu berminat?

Posting Komentar

0 Komentar