5 Fakta Menarik Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim adalah salah satu kampus ternama di kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Dikampus ini terdapat delapan fakultas dengan masing-masing jurusan di dalamnya.

Bagi kamu yang berminat bergabung ke kampus islami yang satu ini, berikut ini dijelaskan beberapa fakta menarik seputar kampus UIN Suska Riau. Simak ulasan lengkapnya di abwah ini yuk!

1. Berawal dari Kumpulan PTS Islam

UIN Sultan Syarif Kasim ini dulunya merupakan gabungan dari beberapa fakultas Pergurun Tinggi Agama Islam Swasta di provinsi Riau. Fakuktas terseut ialah Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Riau Pekanbaru, Fakultas Syariah Universitas Islam Riau di Tembilahan, dan Fakultas Ushuluddin Mesjid Agung An-Nur Pekanbaru.

Atas animo masyarakat yang tinggi, maka selanjutnya fakultas-fakultas tersebut digabungkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan membawa nama baru yakni Universitas Islma Negeri Sultan Syarif Kasim.

2. Akreditasi B

Akreditasi UIN Suska Riau diketahui adalah B. Dengan akreditasi tersebut, kamu bisa membawa sertifikatnya untuk digunakan sebagai salah satu persyaratan mendaftar CPNS atau melamar kerja. Jurusan dan akreditasi UIN Suska Riau dapat mengantarkanmu untuk melamar pekerjaan impianmu.

3. Arsitektur Indah

Jika diamati, arsitektur yang ditampilkan kampus ini sangatlah indah. Kawasannya sangat luas dan diisi banyak bangunan-bangunan megah. Gaya bangunannya berbentuk kubah, mengambil adaptasi dari sebuah masjid berkubah.

Tak sampai disutu saja, terdapat beberapa pendopo atau lesehan di kampus ini yang digunakan sebagai tempat duduk atau tempat nongkrong mahasiswa. Para mahasiswa biasanya diskusi ataupun kerja kelompok di lingkungan kampus UIN Suska Riau yang tentunya begitu nyaman.

Selain itu, kampus yang beralamatkan di Jl. H. R. Soebrantas Km.15, Pekanbaru ini juga memiliki lokasi yang cukup strategis karena berada di jalan lintas Sumatra. UIN Suska Riau juga dekat dnegan fasilitas publik, mulai dari mall, sarana olahraga, hingga tempat-tempat wisata.

4. Terdapat 9 Fakultas dan 52 Program Studi

Disana, terdapat 9 fakuktas dengan total 52 program studi (prodi) di dalamnya. Adapun jurusan terfavorit ialah Ilmu Komunikasi dan Manajemen. Selain itu, terdapat jurusan yang menggabungkan ilmu pengetahuan dan ilmu keislaman, seperti Aqidah dan Filsafat, Ekonomi Islam, Tafsir Hadits, Perbandingan Agama, Al-Syakhshiyyah, Muammalah, Jinayah Siyasah, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Pengembangan Masyarakat Islam, Perbankan Syariah, dan yang lainnya.

5. Banyak Tawaran Beasiswa

Fakta menarik lainnya ialah, banyaknya tawaran beasiswa di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim ini. oleh karena itu, jadilah mahasiswa yang berprestasi, baik di bidang akademik, non-akademik, ataupun keorganisasian untuk bisa mendapatkan beasiswa.

Bagi para mahasiswa, mendapatkan beasiswa merupakan hal yang tentunya menyenangkan. bahkan, banyak para aktris tanah air yang juga mengejar program beasiswa, seperti Elina Joerg, Naomi Zaskia, hingga Cinta Laura.

Itulah tadi beberapa fakta menarik seputar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengenyam pendidikan disini?


Posting Komentar

0 Komentar