Langsung ke konten utama

Universitas Maritim Raja Ali Haji

Universitas Maritim Raja Ali Haji atau UMRAH merupakan universitas maritim pertama di Indonesia. Kampus ini terletak di perbatasan antara Singapura dan Malaysia.

Banyak yang menyangka universitas ini adalah perguruan tinggi swasta, namun kenyataan Umrah adalah perguruan tinggi yang berada di kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Kampus ini berdiri pada tanggal 1 Agustus 2007 dan merupakan gabungan dari dua perguruan tinggi swasta yaitu, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang dan Politeknik Negeri Batam.

Sejarah UMRAH

Universitas Maritim Raja Ali Haji didirikan atas keinginan segenap warga Provinsi Kepulauan Riau untuk memiliki Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang akan menjadi tempat para pemuda dan pemudi bumi segantang lada ini memperoleh pendidikan tinggi dan ditempa menjadi pemimpin, wirausahawan, dan orang yang berguna bagi Kepri pada masa depan.

Setelah melalui rangkaian proses yang panjang dimulai dari terbit SK Mendiknas No. 124/D/O/2007 tentang izin berdirinya UMRAH hingga terbitnya Peraturan Presiden No. 53 Tahun 2011.

UMRAH sebagai perguruan tinggi negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka UMRAH menyandang status sebagai perguruan tinggi negeri pertama di Kepulauan Riau.

 Diawal berdirinya merupakan penggabungan dari STISIPOL Raja Haji dan Politeknik Negeri Batam, dengan ditambah beberapa program studi baru.

Kemudian STISIPOL Raja Haji dan Politeknik Batam memutuskan untuk berdiri kembali sebagai perguruan tinggi mandiri. Sampai saat ini, UMRAH sudah memiliki 20 program studi yang tersebar di 5 fakultas.

Fakultas dan Jurusan

Berikut ini daftar fakultas dan jurusan Universitas Maritim Raja Ali Haji beserta dengan akreditasinya:

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Ilmu Pemerintahan - B
  • Ilmu Administrasi Negara - B
  • Sosiologi - B
  • Ilmu Hukum - B
  • Ilmu Hubungan Internasional - C

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Pendidikan Bahasa Indonesia - B
  • Pendidikan Bahasa Inggris - B
  • Pendidikan Biologi - B
  • Pendidikan Kimia - B
  • Pendidikan Matematika - B

Fakultas Ekonomi (FE)

  • Akuntansi - B
  • Manajemen - B

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP)

  • Ilmu Kelautan - B
  • Manajemen Sumber Daya Perairan - B
  • Teknologi Hasil Perikanan - B
  • Budidaya Perairan - B
  • Sosial Ekonomi Perikanan - B

Fakultas Teknik (FT)

  • Teknik Elektro - B
  • Teknik Informatika - B
  • Teknik Perkapalan /-

Pasca Sarjana

  • Ilmu Lingkungan
  • Ilmu Administrasi Publik

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Universitas Maritim Raja Ali Haji atau UMRAH yang perlu kamu ketahui. Jadi kalau kamu tertarik belajar di bidang maritim dan penasaran bagaimana hidup di perbatasan, kamu bisa memilih Umrah sebagai tempat menuntut ilmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt