Universitas Padjajaran, Peringkat 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

 

Siapa yang tidak kenal dengan Perguruan Tinggi  ini? Universitas Padjajaran merupakan salah satu Perguruan Tinggi  Negeri yang ada di Indonesia. Kampus ini sering disingkat dan disebut dengan UNPAD.

Kampus ini berdiri pada 11 September 1957 dan memiliki beberapa titik lokasi yang tersebar di Provinsi Jawa Barat dengan kampus pusat berada di Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Universitas Padjajaran terkenal dengan prestasi-prestasi akademik dan non akademiknya, hal ini membuat kampus ini manjadi salah satu Perguruan Tinggi  Negeri terbaik di Indonesia dan menjadi kampus terfavorit selama beberapa tahun berturut-turut.

Universitas ini memiliki keunikan-keunikan yang bisa membuat teman-teman geleng kepala. Berikut fakta menarik dan keunikan yang dimiliki Universitas Negeri Padjajaran.

Odong-odong UNPAD

Odong-odong biasanya kita temukan di daerah wisata, pasar malam, atau di tempat yang ramai. Namun kali ini berbeda, karena kamu dapat menemukannya di kampus ini. Bukan seperti odong-odong biasa yang dinaiki oleh anak-anak, malainkan sebuah mobil besar seperti bus yang sisi kiri dan kanannya terbuka. Fungsi dari odong-odong ini adalah untuk merasakan sensasi rekreasi dengan menikmati pemandangan angis sejuk Jatinagor.

Gedung Rektorat UNPAD

Gedung ini terletak di kampus Jatinagor dan memiliki keunikan mengenai bentuk bangunannya. Jika dilihat dari atas, maka gedungnya akan tampak seperti stadion sepak bola yang berbentuk lingkaran dan berukuran cukup besar.

Kedokteran UNPAD

Rektor UNPAD membuat sebuah keputusan dan kebijakan baru yaitu untuk membebaskan uang kuliah bagi mahasiswa fakultas kedokteran UNPAD. Selain itu mahasiswa tingkat satu akan diberikan fasilitas tempat tinggal berupa asrama yang berada di dalam kawasan kampus.

Jembatan Cincin

Berkuliah di kampus ini, teman-teman akan disuguhkan dengan tempat-tempat wisata. Salah satunya adalah jembatan cincin yang terletak di depan fakultas ilmu budaya. Jembatan ini masih aktif digunakan oleh mahasiswa sebagai jalan pintas menuju kampus dari kost-an. Keunikan dan keindahan jembatan ini menjadi salah satu objek wisata bagi mahasiswa UNPAD yang sering dijadikan lokasi mengambil foto.

Logo UNPAD

Sekilas logo UNPAD terlihat seperti logo-logo yang biasanya. Warna kuning yang mendominasi menjadi ciri khas UNPAD serta warna-warna lain dan bentuk yang memiliki makna tersendiri. Namun jika dilihat lebih teliti lagi, logo UNPAD berbentuk wajah seekor harimau lengkap dengan mata, hidung, kumis dan mulutnya.

Bentuk logo UNPAD ini menjadi keunikan tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya. Bukan hanya sakadar logo, namun ada makna dan seni di dalamnya.

Peringkat 10 terbaik di Indonesia

Berdasarkan ranking universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti tahun 2019, Universitas Padjajaran menempaati peringkat ke-10. Selain itu, kampus ini juga berada di peringkat ke-236 di Asia dan posisi antara 751-800 Universitas terbaik di dunia.

Posting Komentar

0 Komentar