Langsung ke konten utama

Organisasi Internal Kampus untuk Mahasiswa Baru

 

Buat teman-teman yang baru masuk kuliah di perguruan tinggi mungkin tidak asing dengan Organisasi. Biasanya anak baru yang masuk kuliah akan sangat takut untuk bergabung masuk kedalam organisasi internal kampus, karena dianggap akan mengganggu proses pembelajaran atau proses perkuliahan.

Sudah banyak pendapat dari para aktivis hingga dosen yang menyarankan agar menjadi mahasiswa yang aktif dengan mengikuti kegiatan-kegiatan lain diluar perkuliahan, salah satunya ikut Organisasi Kampus. Hal itu juga dikatakan sebagai implementasi peran mahasiswa sebagai ‘agent of change’, dan selain belajar berorganisasi, kamu juga dapat membangun networking nih dengan banyak orang.

Nah, apa aja sih organisasi-organisasi yang bisa kamu ikutin? Berikut rekomendasi organisasi internal kampus yang dapat kamu ikuti :

1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

BEM adalah lembaga eksekutif kampus yang beranggotakan mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan. Organisasi ini memiliki fungsi advokasi, fungsi aspiratif, fungsi koordinaasi, dan fungsi katalisator, inisiator, dan fasilitaror. Tugas utama dari BEM adalah mampu menyerap semua aspirasi mahasiswa, menyusun program kerja lingkup universitas, mengkoordinasi program kerja, dll. Dan untuk struktur organisasinya sendiri mirip seperti struktur organisasi lainnya, seperti Ketua BEM, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan beberapa kabinet beserta anggotanya untuk mendukung kinerja BEM. Jadi buat teman-teman tertarik untuk mengikuti organisasi BEM sangat disarankan karena akan sangat penting untuk melatih diri dan mengembangkan diri seperti berbicara, mengeluarkan pendapat, berfikiran kritis, dan menghasilkan ide ide cemerlang untuk kesejahteraan diri, mahasiswa, dan perguruan tinggi itu sendiri.

2. Himpunan Mahasiswa

Kita sudah membahas organisasi tingkat fakultas di perguruan tinggi, berikutnya kita akan membahas organisasi tingkat jurusan. Salah satu organisasi tingkat jurusan ini yaitu Himpunan Mahasiswa (HIMA). Himpunan mahasiswa dibentuk dengan tujuan membangun dan menjalin solidaritas mahasiswa serta mengembangkan jurusan itu sendiri. Biasanya program kerja yang ditetapkan oleh HIMA ini berkaitan dengan jurusannya masing masing. Seperti jurusan Managemen, maka ada kegiatan yg berhubungan dengan managemen seperti Kompetisi Bisnis atau seminar tentang kewirausahaan. Buat teman-teman yang ingin bergabung dengan organisasi ini akan sangat berguna bagi teman-teman dalam mengembangkan diri seusai dengan juruan yang teman-teman pilih.

3. UKM

Kalau teman-teman masih belum merasa cocok dengan organisasi-organisasi yang tadi disebutkan, atau lebih memilih organisai yang sejalur dengan hobi teman-teman, bisa nih kamu gabung ke Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM.

UKM sendiri adalah organisasi yang menjadi wadah kamu menuangkan bakat-bakat atau hobi teman-teman menjadi suatu kegiatan yang positif. Mirip sama ekstrakurikuler sewaktu sekolah, cuma namanya aja yang beda ya teman-teman. Contohnya, ada UKM Sepak Bola, Tenis, Tari, Paduan Suara, bahkan yang mengarah ke akademis juga ada! Misalnya UKM Kepenulisan Karya Tulis, dsb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt