Organisasi Internal Kampus untuk Mahasiswa Baru

 

Buat teman-teman yang baru masuk kuliah di perguruan tinggi mungkin tidak asing dengan Organisasi. Biasanya anak baru yang masuk kuliah akan sangat takut untuk bergabung masuk kedalam organisasi internal kampus, karena dianggap akan mengganggu proses pembelajaran atau proses perkuliahan.

Sudah banyak pendapat dari para aktivis hingga dosen yang menyarankan agar menjadi mahasiswa yang aktif dengan mengikuti kegiatan-kegiatan lain diluar perkuliahan, salah satunya ikut Organisasi Kampus. Hal itu juga dikatakan sebagai implementasi peran mahasiswa sebagai ‘agent of change’, dan selain belajar berorganisasi, kamu juga dapat membangun networking nih dengan banyak orang.

Nah, apa aja sih organisasi-organisasi yang bisa kamu ikutin? Berikut rekomendasi organisasi internal kampus yang dapat kamu ikuti :

1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

BEM adalah lembaga eksekutif kampus yang beranggotakan mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan. Organisasi ini memiliki fungsi advokasi, fungsi aspiratif, fungsi koordinaasi, dan fungsi katalisator, inisiator, dan fasilitaror. Tugas utama dari BEM adalah mampu menyerap semua aspirasi mahasiswa, menyusun program kerja lingkup universitas, mengkoordinasi program kerja, dll. Dan untuk struktur organisasinya sendiri mirip seperti struktur organisasi lainnya, seperti Ketua BEM, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan beberapa kabinet beserta anggotanya untuk mendukung kinerja BEM. Jadi buat teman-teman tertarik untuk mengikuti organisasi BEM sangat disarankan karena akan sangat penting untuk melatih diri dan mengembangkan diri seperti berbicara, mengeluarkan pendapat, berfikiran kritis, dan menghasilkan ide ide cemerlang untuk kesejahteraan diri, mahasiswa, dan perguruan tinggi itu sendiri.

2. Himpunan Mahasiswa

Kita sudah membahas organisasi tingkat fakultas di perguruan tinggi, berikutnya kita akan membahas organisasi tingkat jurusan. Salah satu organisasi tingkat jurusan ini yaitu Himpunan Mahasiswa (HIMA). Himpunan mahasiswa dibentuk dengan tujuan membangun dan menjalin solidaritas mahasiswa serta mengembangkan jurusan itu sendiri. Biasanya program kerja yang ditetapkan oleh HIMA ini berkaitan dengan jurusannya masing masing. Seperti jurusan Managemen, maka ada kegiatan yg berhubungan dengan managemen seperti Kompetisi Bisnis atau seminar tentang kewirausahaan. Buat teman-teman yang ingin bergabung dengan organisasi ini akan sangat berguna bagi teman-teman dalam mengembangkan diri seusai dengan juruan yang teman-teman pilih.

3. UKM

Kalau teman-teman masih belum merasa cocok dengan organisasi-organisasi yang tadi disebutkan, atau lebih memilih organisai yang sejalur dengan hobi teman-teman, bisa nih kamu gabung ke Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM.

UKM sendiri adalah organisasi yang menjadi wadah kamu menuangkan bakat-bakat atau hobi teman-teman menjadi suatu kegiatan yang positif. Mirip sama ekstrakurikuler sewaktu sekolah, cuma namanya aja yang beda ya teman-teman. Contohnya, ada UKM Sepak Bola, Tenis, Tari, Paduan Suara, bahkan yang mengarah ke akademis juga ada! Misalnya UKM Kepenulisan Karya Tulis, dsb.

Posting Komentar

0 Komentar