Langsung ke konten utama

Mahasiswa Baru? Jangan Takut Lakukan 4 Hal ini untuk Beradaptasi dengan Mudah


Mahasiswa Baru atau lebih sering disebut dengan maba, seringkali merasa kesulitan beradaptasi dengan lingkungan kampus pada awal mengikuti perkuliahan.

Lingkungan kampus akan terasa asing bagi mahasiswa baru, karena sebelumnya tidak pernah dirasakan di lingkungan sekolah.

Tidak jarang para maba ini mengalami homesick dan shock culture karena hal tersebut. Lingkungan yang didapatkan pada proses perkuliahan sangat berbeda dengan lingkungan sekolah.

Seorang mahasiswa dituntut untuk selalu mandiri, terlebih lagi jika jauh dari orang tua dan kampung halaman. Untuk beberapa maba mungkin bisa beradaptasi dengan cepat, namun masih ada saja maba yang kurang mampu beradaptasi di lingkungan baru ini.

Tenang saja, untuk menjadi seorang mahasiswa baru tidak perlu bingung memikirkan cara beradaptasi di lingkungan kampus yang baru. Berikut ini tips beradaptasi untuk mahasiswa baru dengan cepat. Simak selengkapnya.

1. Mempelajari mengenai Jurusan dan Fakultas serta Seluk-beluknya

Sebagai seorang mahasiswa baru, hal yang pertama kali dilakukan adalah mencari tahu tentang Jurusan yang telah dipilih serta seluk-beluknya.

Memahami betul sistem perkuliahan, sistem pembelajaran, dosen yang mengajar, senior di kampus dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses adaptasi di lingkungan kampus.

Mengetahui seluk beluk jurusan dan fakultas juga akan membantu kalian mahasiswa baru dalam menemukan konsentrasi yang nantinya akan kalian tekuni pada jurusan tersebut.

2. Mulai Membuka Diri

Membuka diri adalah hal yang harus dilakukan mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus. Coba untuk mulai berkomunikasi dengan teman-teman baru, senior, dosen guna memperluas networking.

Perbanyak mencari teman semasa kuliah karena dengan berbagi background yang ada, akan memberikan peluang yang lebih besar untuk dapat belajar sesuatu yang baru.

Sebagai mahasiswa baru juga harus terbuka dengan lingkungan sekitar tempat tinggal. Ini akan membantu untuk tetap aware terhadap isu-isu yang sedang terjadi di lingkungan sekitar.

3. Jangan Malu untuk Berbaur dengan Senior

Beberapa maba mungkin akan merasa segan ketika berbaur dengan senior atau kakak tingkat di lingkungan kampus.

Berbaur dengan senior akan membantu kalian para mahasiswa baru memberikan gambaran mengenai segala aktivitas yang terjadi di lingkup jurusan atau bahkan lingkup yang lebih luas.

Mereka juga akan memberikan jawaban atas kebimbangan yang mahasiswa baru hadapi selama proses perkuliahan.

4. Mengikuti Organisasi yang terdapat di Kampus

Mengikuti organisasi akan memberikan dampak positif bagi kali mahasiswa baru. Kalian akan dibekali dengan skill time management yang baik.

Akan terdapat berbagai macam organisasi dalam kampus, kalian bisa memilih beberapa organisasi  yang sesuai dengan minat dan bakat kalian.

Namun kalian para maba perlu hati-hati ketika mengikuti kegiatan organisasi karena akan menyita waktu dan energi. Jika kalian tidak bisa memanfaatkan skill time management tadi maka harus ada yang dipilih, perkuliahan atau organisasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt