Mahasiswa Baru? Jangan Takut Lakukan 4 Hal ini untuk Beradaptasi dengan Mudah


Mahasiswa Baru atau lebih sering disebut dengan maba, seringkali merasa kesulitan beradaptasi dengan lingkungan kampus pada awal mengikuti perkuliahan.

Lingkungan kampus akan terasa asing bagi mahasiswa baru, karena sebelumnya tidak pernah dirasakan di lingkungan sekolah.

Tidak jarang para maba ini mengalami homesick dan shock culture karena hal tersebut. Lingkungan yang didapatkan pada proses perkuliahan sangat berbeda dengan lingkungan sekolah.

Seorang mahasiswa dituntut untuk selalu mandiri, terlebih lagi jika jauh dari orang tua dan kampung halaman. Untuk beberapa maba mungkin bisa beradaptasi dengan cepat, namun masih ada saja maba yang kurang mampu beradaptasi di lingkungan baru ini.

Tenang saja, untuk menjadi seorang mahasiswa baru tidak perlu bingung memikirkan cara beradaptasi di lingkungan kampus yang baru. Berikut ini tips beradaptasi untuk mahasiswa baru dengan cepat. Simak selengkapnya.

1. Mempelajari mengenai Jurusan dan Fakultas serta Seluk-beluknya

Sebagai seorang mahasiswa baru, hal yang pertama kali dilakukan adalah mencari tahu tentang Jurusan yang telah dipilih serta seluk-beluknya.

Memahami betul sistem perkuliahan, sistem pembelajaran, dosen yang mengajar, senior di kampus dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses adaptasi di lingkungan kampus.

Mengetahui seluk beluk jurusan dan fakultas juga akan membantu kalian mahasiswa baru dalam menemukan konsentrasi yang nantinya akan kalian tekuni pada jurusan tersebut.

2. Mulai Membuka Diri

Membuka diri adalah hal yang harus dilakukan mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus. Coba untuk mulai berkomunikasi dengan teman-teman baru, senior, dosen guna memperluas networking.

Perbanyak mencari teman semasa kuliah karena dengan berbagi background yang ada, akan memberikan peluang yang lebih besar untuk dapat belajar sesuatu yang baru.

Sebagai mahasiswa baru juga harus terbuka dengan lingkungan sekitar tempat tinggal. Ini akan membantu untuk tetap aware terhadap isu-isu yang sedang terjadi di lingkungan sekitar.

3. Jangan Malu untuk Berbaur dengan Senior

Beberapa maba mungkin akan merasa segan ketika berbaur dengan senior atau kakak tingkat di lingkungan kampus.

Berbaur dengan senior akan membantu kalian para mahasiswa baru memberikan gambaran mengenai segala aktivitas yang terjadi di lingkup jurusan atau bahkan lingkup yang lebih luas.

Mereka juga akan memberikan jawaban atas kebimbangan yang mahasiswa baru hadapi selama proses perkuliahan.

4. Mengikuti Organisasi yang terdapat di Kampus

Mengikuti organisasi akan memberikan dampak positif bagi kali mahasiswa baru. Kalian akan dibekali dengan skill time management yang baik.

Akan terdapat berbagai macam organisasi dalam kampus, kalian bisa memilih beberapa organisasi  yang sesuai dengan minat dan bakat kalian.

Namun kalian para maba perlu hati-hati ketika mengikuti kegiatan organisasi karena akan menyita waktu dan energi. Jika kalian tidak bisa memanfaatkan skill time management tadi maka harus ada yang dipilih, perkuliahan atau organisasi.


Posting Komentar

0 Komentar