Ingin belajar Kesehatan? Politeknik Kesehatan Negeri Medan Solusinya



Politeknik Kesehatan Medan yang berada dibawah naugan Kementrian Kesehatan telah banyak menyediakan tenaga kesehatan di tingkat nasional pada tahun 2018. 

Tidak hanya itu Poltekes Medan juga mengembangkan kompetisinya pada tingkat internasional, yaitu dengan banyak melakukan kerja sama di bidang pendidikan dengan Emilo Aguinaldo College, Philipine Women’s University, dan Murni Internasional College.

Poltekkes Kemenkes Medan adalah satu dari sekian Kampus negeri di Nusantara yang berwujud Politeknik, dan dikelola oleh Kementerian Kesehatan dan termuat kedalam kopertis wilayah Kementerian. 

Kampus ini telah beridiri semenjak tahun 1 Januari 2001 dengan Nomor SK PT dan Tanggal SK PT, Politeknik ini berlokasi di Jl. Jamin Ginting KM. 13,5 Kel. Lau Cih Medan-Tuntungan, kabupaten Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Jika teman-teman penasaran dengan jurusan-jurusan yang ada di Politeknik Kesehatan Medan berikut ulasan nya

1. Jurusan Analisis Kesehatan

Jurusan ini mengharuskanmu belajar tentang bagaimana memerisa, mengukur, menetapkan, dan menguji bahan dari manusia maupun bukan dari manusia untuk menentukan jenis dan penyebab penyakit seperti penyakit ludomania

Ada banyak hal yang harus dipelajari mahasiswa yaitu tentang pemeriksaan mikrobiologi hematologi, parasitologi, kimia klinik, imunologi dan banyak lagi.

Jurusan ini juga berpotensi menjadi tenaga-tenaga analisis kesehatan atau ahli teknologi laboratorium. Dan banyak juga alumni jurusan ini bekerja dibidang industri obat-obatan maupun di laboratorium rumah sakit, dan salah satu nya juga BPOM.

2. Jurusan Farmasi

Bidang farmasi ini mempunyai tanggung jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Farmasi merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia. Lulusan farmasi dari Politeknik Kesehatan Medan banyak menjadi Tenaga Penelitian, Apoteker, BPOM dan Tenaga Pendidik.

3. Jurusan Gizi

Mempelajari bidang pelayanan gizi, makanan dan dietetik masyarakat, individi atau institusi. Sumber yang di teliti tidak hanya melalui bahan kimia, tetapi termasuk juga dari buah-buahan seperti apel, jeruh dan camu-camu. Jurusan ini bahkan banyak dilirik oleh rumah sakit, puskesmas dan menjadi dosen.

4. Jurusan Keperawatan

Sebagian besar jurusan ini banyak belajar mengenai pemenuhan dasar manusia, termasuk biopsiko sosio spiritual dan kultural. Dan jurusan ini banyak diminatai karna berpeluang menjadi pelayanan kesehatan di dalam maupun luar negeri, menjadi tenaga pendidik, dan perusahaan.

5. Jurusan Keperawatan Gigi

Mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pelayanan asuhan keperawatan gigi. Jurusan ini juga berpeluang menjadi perawat gigi puskesmas dan asisten dokter gigi.


6. Jurusan kesehatan Lingkungan

Yang dipelajari jurusan ini ialah mendalami dan menganalisa faktor lingkungan yang berpengaruh pada kesehatan masyarakat dibidang Fisik, Biologis, Kimia, Sosial. Prospek pekerjaan dari jurusan ini banyak diterima di Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Konsultan Air Bersih dan Sanitas, dan Balai Kesehatan Mata (BKM).

7. Jurusan Kebidanan

Poltekes Medan juga membuka jurusan kebidanan dan memiliki banyak peminat. Di jurusan ini banyak mempelajari Ilmu dan seni di bidang kesehatan yang secara khusus mengenai kehamilan, persalinan, dan pelayanan-pelayanan paramedis yang berhubungan dengan organ reproduksi. Jurusan ini juga mempunyai prospek kerja di Instansi Kesehatan Pemerintah, Klinik/Balai Pengobatan, Rumah Sakit, dan Dinas Kesehatan

Nahhh itu lah beberapa rangkuman dan jurusan jurusan yang ada di Politeknik Kesehatan Medan, dan masih banyak lagi hal hal menarik tentang Politeknik Medan. Semoga Bermanfaat.

 

Posting Komentar

0 Komentar