Perguruan Tinggi di Medan yang fokus di bidang Industri, Teknologi dan Perkebunan

Mungkin teman-teman semua masih banyak yang belum tahu tentang universitas atau perguruan tinggi yang terdapat di medan yang berfokus pada bidang Teknologi, Industri dan Pertanian. Berikut akan dijelaskan secara ringkas, daftar perguruan tinggi yang  berfokus dibidang Teknologi, Industri dan Pertanian :

1. Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan adalah perguruan tinggi yang bertransformasi dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Medan pada tanggal 25 Juni 2018. Politeknik Pembangunan Pertanian Medan yang selanjutnya disebut Polbangtan Medan adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pertanian yang menyelenggarakan pendidikan tinggi program vokasi dalam berbagai rumpun ilmu terapan untuk mendukung pembangunan pertanian.

Polbangtan Medan dibawahi langsung oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP).

Polbangtan Medan memfasilitasi proses pendidikan melalui pembelajaran berbasis Teaching Factory (TEFA) sesuai dengan Permentan nomor 75/Permentan/SM.220/I/08/2016 tentang Pedoman Penerapan Teaching Factory / Teaching Farm pada pendidikan vokasi pertanian di lingkup Kementerian Pertanian.

Terdapat tiga jurusan di Politeknik Pembangunan Pertanian yaitu :

  1. Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan
  2. Penyuluhan Perkebunan Presisi
  3. Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan

2. Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan

Pendidikan Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan adalah salah satu Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. PTKI Medan didirikan pada tahun 1983 dengan bantuan Grant Aids dari Pemerintah Jepang (JICA) dengan areal seluas kurang lebih 8 Ha.

Dengan SK Menteri Perindustrian RI Nomor 467/M/SK/12/1986 tanggal 13 Desember 1986 dan Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor : 151/M-IND/PER/10/2009 tanggal 19 Oktober 2009 dibentuklah Statuta PTKI Medan.Dengan jurusan studi :

Teknologi Kimia Industri (D3) dan Teknologi Mekanik Industri (D3).

 Dan berdasarkan Persetujuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 376/MPK.E/KL/2014 tanggal 23 April 2014 perihal Nomenklatur Pendidikan Teknologi Kimia Industri, maka PTKI Medan berubah nama menjadi Politeknik Teknologi Kimia Industri

Dengan Program studi :

  1. Teknik Kimia (D3)
  2. Teknik Mekanika (D3)
  3.  Agribisnis Kelapa Sawit (D3)

Sejak berdirinya PTKI tahun 1983 sampai sekarang, PTKI Medan telah menghasilkan 5790 orang lulusan.

3. Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Medan

PT. LPP Agro Nusantara, anak usaha Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dibidang pengembangan sumber daya manusia (SDM), meluncurkan Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) di Medan.

Awalnya ITSI bernama Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) .STIPAP berdiri di awal tahun 2009 kemudian berganti nama pada tahun 2021 dengan nama ITSI. Professional, Integrity dan Team Work merupakan nilai nilai yang dibangun sebagai Driven dan Power bagi seluruh civitas akademika untuk mencapai yang terbaik, menjalankan amanat dalam ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Proses Transformasi berlangsung sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 558/E/O/2021 tentang izin perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) menjadi Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) di Medan, Sumatera Utara.

Pada saat masih menggunakan nama STIPAP, perguruan tinggi ini hanya memiliki dua program studi yaitu Budidaya Perkebunan (BDP) dan Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP).

ITSI memiliki enam program studi yaitu :

  1. Agribisnis  S1
  2. Proteksi Tanaman S1
  3. Digitalisasi dan IT Perkebunan S1
  4. Teknik Kimia S1
  5. Budidaya Perkebunan D4
  6. Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan D4

Posting Komentar

0 Komentar