Langsung ke konten utama

Mengenal Perguruan Tinggi Negeri Berbasis Seni dan Budaya di Indonesia

Dalam memillih jurusan atau perguruan tinggi, tentunya siswa memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Pemilihan minat dan bakat bisa menjadi bahan pertimbangan siswa guna mendorong niat belajar dan berprestasi.

Selain itu memilih jurusan berdasarkan minat dan bakat, memingkinkan mahasiswa merasa lebih nyaman dan bersemangat selama menjalani perkuliahan di perguruan tinggi.

Untuk kamu yang memiliki minat dan bakat dalam bidang kesenian dan kebudayaan, Indonesia memiliki sejumlah perguruan tinggi negeri yang berbasis seni budaya.

Berikut daftar perguruan tinggi negeri berbasis kesenian kebudayaan yang perlu kamu ketahui.

1. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

ISI Denpasar didirikan pada 28 Juli 2003, Institut ini memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Pertunjukan Seni, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Dan beberapa program dari kampus ini sudah terakreditasi A. Kampus ini terletak di Bali, karena terletak di Bali maka mahasiswa pun bisa kuliah sampil menikmati keindahan Bali yang sangat mempesona.

2. Institut Seni Indoonesia (ISI) Surakarta

Kampus ISI Surakarta atau sering juga di sebut juga dengan ISI Solo merupakan salah satu institut seni negeri yang ada di Indonesia. Kampus ini memiliki dua kampus yang terletak di Ketingan dan Mojosongo. Ditiap kampus memiliki fakultas masing-masing, fakultas Seni Pertunjukan terletak di kampus kentingan dan fakultas Seni Media Rekam terletak di kampus Mojosongo.

3. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Kampus yang berdiri sejak 23 Juli 1984 dan memiliki  tiga fakultas yaitu, Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, dan Fakultas Seni Media Rekam. Institut ISI Yogyakarta memiliki visi menjadi pelopor perguruan tinggi, dan menyelenggarakan pendidikan jenjang D3, D4, S1, S2 sampai S3.

4. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Institu ISBI resmi didirikan pada tahun 2014 dan diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Walaupun tergolong kampus baru, ISBI sendiri telah mempuyai tiga fakultas yang dilengkapi juga sepuluh program studi. Fakultas Seni Rupa dan desain memiliki tiga program studi, Fakultas Budaya dan Media memiliki 2 program studi, dan lima program studi lainnya dimiliki Fakultas Seni pertunjukan. Yang menarik, kampus ini juga memiliki kerja sama didalam dan luar negeri.

5. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua

ISBI Tanah Papua merupakan satu-satunya perguruan tinggi seni yang berada di bagian Indonesia timur. ISBI Tanah Papua diresmikan bersamaan dengan ISBI Aceh dan ISBI Bandung. Saat peresmiannya ISBI Tanah Papua direncanakan memiliki tiga fakultas dengan berbagai program studi, namun saat ini Kampus ini baru memiliki lima program studi yang merupakan bagian dari Fakultas seni Pertunjukan serta Fakultas seni rupa dan desain saja. Papua sendiri dinilai sangat kaya akan potensi seni dan budaya serta memiliki karakteristik tersendiri. Sebagai mahasiswa kampus ini tentunya akan banyak sekali seni budaya yang dapat digali.


6. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh

Dengan memiliki dua fakultas yaitu, Fakultas Seni Rupa dan desain serta Fakultas Seni Pertunjukan. Kampus ini satu-satunya PTN seni budaya yang berada di Sumatera. Walau pun tergolong masih muda sama seperti ISBI Bandung dan ISBI Tanah Papua, ISBI Aceh sudah banyak memiliki prestasi.

7. Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang

ISBI Padang Panjang terletak di kota Padang Panjang, Sumatera Barat. kampus ini juga memiliki dua fakultas, yaitu, Fakultas Seni Pertunjukan serta Fakultas Seni Rupa dan Desain. Awal dibentuk kampus ini bernama Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) lalu sesuai Perprs RI Nomor 60 Tahun 2009, pada 1 Januari berubah menjadi Institut Seni Indonesia.     



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt