Langsung ke konten utama

Hal-hal yang kamu harus ketahui tentang ITS ( Institut Teknologi Sepuluh November)

Institut Teknologi Sepuluh November yang sering disingkat dengan ITS terletak di Surabaya. Universitas ini didirikan pada tanggal 10 November 1957, ITS ditunjuk untuk mendidik para pemimpin yang unggul dibidang sains dan teknologi untuk menjadikan Republik Indonesia lebih maju.

Kampus ini memiliki lahan seluas 180 Hektar, dengan luas bangunan seluruhnya mencapai kurang lebih 150.000 m2. Tidak heran banyak orang yang berlomba untuk masuk ke ITS.

Berikut akan dirangkum hal-hal menarik mengenai ITS

Salah satu kampus yang menduduki top 5 se-Indonesia

ITS berada satu trip dibawah UI, dan mengungguli  UNDIP, UNAIR, dan UB yang ketiga nya diurutan 6, 7, dan 8. Sungguh sesuatu yang membanggakan bukan?

Biaya kuliah, Makan dan tempat tinggal relatif murah

Untuk uang kuliah sendiri ITS relatif lebih murah dibandingkan dengan kampus kampus lain pada umumnya. Paling rendah mencapai Rp 500.000,00 - hingga maksimal Rp 7.500.000,00.

UKT tersebut berlaku untuk semua jurusan terkecuali double degree. Tidak hanya itu terdapat juga tarif UKT lain yaitu Rp 0 untuk mahasiswa bidikmisi selain itu mahasiswa yang bidikmisi juga akan menerima uang saku sebesar Rp 650.000,00 per bulan dan masih banyak beasiswa lainnya.

Biaya hidup dikota Surabaya juga tidak semahal yang dibayangkan, walaupun kampus ITS terletak lumayan jauh dari pusat kota, perkampungan di sekitar ITS menyediakan aneka pangan murah.

Begitu juga dengan tempat tinggal rata-rata kos di Surabaya bertarif Rp 500.000,00 tergantung tempat dan fasilitasnya. Untuk mahasiswa bidikmisi dapat tinggal di asrama kampus dengan biaya Rp 2.000.000,00 per tahunnya.

Kampus tanpa jam malam

Bagi sebagain besar mahasiswa jam malam merupakan momok tersendiri bagi mmereka khususnya mahasiswa teknik. Di ITS sendiri walaupun kampus terlihat sepi pada jam malam, akan tetapi banyak mahasiswa yang nongkrong di sudut laboratorium dan aktivitas mahasiswa masih terlihat. ITS buka 24 jam penuh.

Seleksi masuk yang relatif mudah

Dibandingkan kampus-kampus lainnya yang juga termasuk kampus unggulan, ITS cenderung lebih sedikit pesaing. Kampus ini cenderung lebih mudah dimasuki ketika SNMPTN sedangkan SBMPTN atau Mandiri biasanya akan lebih sulit. Selain itu, ITS juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan khususnya BUMN sehingga dapat direkomendasikan melalui jalur mandiri.



Gratis Produk Microsoft dan Apps lain

 Penggunaan Teknologi bukan hanya isapan jempol semata di ITS. Resminya seorang mahasiswa baru dikampus ini berarti mendapatkan akses digital yang sangat luas. Menggunakan email mahasiswa, nantinya dapat diklaim dilisensi resmi Microsoft dan beberapa aplikasi lainnya seperti Matlab, Autocad, dan banyak lagi. Belum lagi akses menuju banyak website peyedia e-jurnal baik skala kampus maupun jurusan.

Nah teman teman itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang ITS semoga dapat menambah wawasan kamu ya , terimakasih

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt