Langsung ke konten utama

Fakta Menarik Universitas tertua di Bali, Universitas Udayana

Bali merupakan daerah pariwisata terdepan di Indonesia. Perpaduan alam yang indah dengan budaya yang menarik dan khas menjadi magnet bagi jutaan wisatawan asing dan domestik untuk berkunjung ke pulau ini.

Selain memiliki keindahan alam dan budaya yang menarik, di Provinsi ini terdapat sebuah perguruan tinggi negeri yang cukup terkenal. Siapa yang tidak pernah mendengar nama Universitas Udayana ? Mungkin teman-teman penasaran kan, dan ingin mengenal lebih dekat perguruan tinggi negeri ini.

Universitas Udayana (UNUD) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang secara resmi berdiri pada 17 Agustus dan berlokasi di wilayah Provinsi Bali. Namun, sebelum itu tepatnya pada tanggal 29 September 1958 telah berdiri Fakultas Sastra Udayana yang merupakan cabang dari Universitas Airlangga.

Kampus yang bertempat di Jl. Raya Kampus Unud, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali ini memiliki moto dalam bahasa Bali Takitakining Sewaka Guna Widya yang jika diterjemahkan ke dalam bahas Indonesia berarti “orang yang menuntut ilmu wajib mengejar pengetahuan dan kebajikan.

Berikut beberapa fakta menarik mengenai perguruan tinggi ini.

1. Arsitektur Gedung Rektorat yang cukup Unik

Gedung Rektorat Universitas Udayana memiliki kesan terlihat seperti Pura atau Museum. Tapi pada kenyataannya gedung tersebut digunakan pada kepengurusan rektorat di Universitas itu. Gedung ini  menjadi simbol kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan di pintu masuk gerbang gedung ini.

2. Gerbang yang kental dengan Tradisi

Keunikan dari arsitektur Bali ini dapat kita lihat juga di Gapura pintu masuk kampus Udayana. Gapura ini memiliki ciri khas seperti Candi yang sangat khas dengan budaya Bali.

3. Taki Takining Sewaka Guna Widya

Sebutan ini adalah prinsip dari Universitas Udayana yang memiliki arti “Orang yang menuntut Ilmu wajib mengejar pengetahuan dan kebajikan”. Untuk mendapatkan ilmu kita wajib memiliki  pengetahuan yang bermanfaat dan berbuat kebajikan yang sejalan dengan tradisi.

4. Udayana Berbudaya

Masyarakat Bali memegang erat budaya Bali, tak terkecuali dengan Universitas Udayana. Di kampus ini, juga memiliki kebisaan untuk bersembahyang di Pura atau di tempat persembahyangan lainnya.

5. Ayam Kampus

Ayam yang dimaksud disini adalah Ayam binatang ya teman-teman. Di kampus ini terdapat ayam beserta kandangnya tepat di sebelah kantor Rektorat. Ayam jantan dalam tradisi bali memiliki makna Pahlawan, Serdadu, Pemenang, dan orang yang kuat. Mungkin itulah harapan dari universitas ini terhadap lulusannya agar menjadi pemenang, orang yang kuat, dan pahlawan.

6. Dewi Saraswati

Sebutan Dewi Saraswati merupakan sebuah kepercayaan umat Hindu. Dewi ini memiliki rupa yang cantik, menawan dan cerdas. Dalam kepercayaan umat Hindu, dewi ini merupakan simbol ilmu pengetahuan.  Patung Dewi Saraswati ini terdapt di depan Fakultas Teknik dan Fakultas Sastra.

7. Burung Rotchildi

Burung Rotchildi,  atau biasa disebut dengan burung Jalak Bali, merupakan burung endemik yang hanya terdapat di Bali. Untuk tetap melestarikan burung tersebut, Universitas Udayana memiliki penangkaran yang terdapat di sebelah barat daya Rektorat. Untuk kamu yang belum pernah melihat Jalak Bali, teman-teman dapat melihatnya di Rektorat Universitas Udayana. 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt