Fakta Menarik tentang Universitas Tertua di Sulawesi, Universitas Hasanuddin

Perguruan tinggi menjadi hal yang sangat menarik bagi sebagian besar pelajar yang berencana melanjutkan pendidikan tingginya. Di Indonesia sendiri ada banyak pilihan universitas, baik negeri maupun swasta. Salah satu diantaranya adalah Universitas Hasanuddin.

Universitas Hasanuddin atau lebih dikenal dengan UNHAS didirikan pada tahun 1956. Bisa dibilang, Unhas merupakan universitas tertua di Sulawesi.

Awal berdirinya UNHAS merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Universitas Hasanuddin saat ini menempati lahan seluas 220 hektar di kawasan Tamanlarea, Sulawesi Selatan.  Dalam perkembangannya, Universitas Hasanuddin yang kini dikepalai Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu M.A sebagai rektor, telah memiliki 15 Fakultas pilihan.

Untuk lebih lengkapnya mengenai universitas yang satu ini, berikut fakta-fakta menarik yang bisa menjadi informasi bagi kalian yang saat ini sedang bingung mencari pilihan terbaik untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi atau Universitas.

Punya 15 Fakultas

Universitas Hasanuddin memiliki 15 Fakultas terbaiknya, diantaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Sastra, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Hukum, Fakulats Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Farmasi, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Psikologi.

Dari SNMPTN hingga PMJNS

Universitas ini menyediakan pilihan jalur pendaftaran yang lengkap untuk melakukan pendaftaran bagi calon mahasiswa barunya, diantaranya SNMPTN, SBMPTN, BIDIKMISI, JPPB, POSK (Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan), dan PMJNS.

Gelar bagi Tokoh Nasional

Universitas Hasanuddin telah banyak memberikan gelar kehormatan bagi para tokoh nasional dan internasional, diantaranya adalah Ir. Soekarno-Presiden pertama Republik Indonesia, Drs. Mohammad Hatta-Wakil Presiden pertama Republik Indonesia,C haerul Saleh- Wakil Perdana Menteri Republik Indonesia, Prof. Dr. Ing BJ Habibie- Presiden Republik Indonesia ketiga, Nelson Mandela-Presiden Afrika Selatan, Tun Najib Tun Razak- Wakil Perdana Menteri Malaysia, dan Jusuf Kalla- Wakil Presiden Republik Indonesia Ke-10.

Gedung Perpustakaan Lengkap

Memiliki gedung perpustakaan 4 lantai dan merupakan salah satu perpustakaan dengan ratusan ribu koleksi literasi dari nasional dan internasional sehingga menjadi salah satu perpustakaan terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Memiliki banyak beasiswa

Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Instansi pemerintah maupun swasta menawarkan banyak beasiswa bagi para calon mahasiswa berprestasi. Tak hanya itu, UNHAS juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai Universitas di Indonesia dan mancanegara seperti Inggris, China, Korea dan Iran.

 

UKM Melimpah

Menyediakan banyak pilihan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menjadi sarana pengembangan bakat mahasiswanya, mulai dari catur, tenis meja, baseball, karate, penalaran ilmiah, paduan suara mahasiswa, dunia broadcasting, Produksi film, teater, fotografi, enterpreneur dan masih banyak lagi.

Nah itu dia fakta-fakta menarik tentang Universitas Hasanuddin yang musti kalian ketahui, dan masih banyak lagi hal lainnya yang menarik. Mulai dari lingkungannya yang asri hingga para lulusannya yang menjadi incaran banyak perusahaan besar di Indonesia dan luar negeri. Bagaimana teman-teman? Tertarik untuk berkuliah di UNHAS? Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar