Langsung ke konten utama

Fakta Menarik tentang Universitas Tertua di Sulawesi, Universitas Hasanuddin

Perguruan tinggi menjadi hal yang sangat menarik bagi sebagian besar pelajar yang berencana melanjutkan pendidikan tingginya. Di Indonesia sendiri ada banyak pilihan universitas, baik negeri maupun swasta. Salah satu diantaranya adalah Universitas Hasanuddin.

Universitas Hasanuddin atau lebih dikenal dengan UNHAS didirikan pada tahun 1956. Bisa dibilang, Unhas merupakan universitas tertua di Sulawesi.

Awal berdirinya UNHAS merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Universitas Hasanuddin saat ini menempati lahan seluas 220 hektar di kawasan Tamanlarea, Sulawesi Selatan.  Dalam perkembangannya, Universitas Hasanuddin yang kini dikepalai Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu M.A sebagai rektor, telah memiliki 15 Fakultas pilihan.

Untuk lebih lengkapnya mengenai universitas yang satu ini, berikut fakta-fakta menarik yang bisa menjadi informasi bagi kalian yang saat ini sedang bingung mencari pilihan terbaik untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi atau Universitas.

Punya 15 Fakultas

Universitas Hasanuddin memiliki 15 Fakultas terbaiknya, diantaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Sastra, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Hukum, Fakulats Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Farmasi, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Psikologi.

Dari SNMPTN hingga PMJNS

Universitas ini menyediakan pilihan jalur pendaftaran yang lengkap untuk melakukan pendaftaran bagi calon mahasiswa barunya, diantaranya SNMPTN, SBMPTN, BIDIKMISI, JPPB, POSK (Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan), dan PMJNS.

Gelar bagi Tokoh Nasional

Universitas Hasanuddin telah banyak memberikan gelar kehormatan bagi para tokoh nasional dan internasional, diantaranya adalah Ir. Soekarno-Presiden pertama Republik Indonesia, Drs. Mohammad Hatta-Wakil Presiden pertama Republik Indonesia,C haerul Saleh- Wakil Perdana Menteri Republik Indonesia, Prof. Dr. Ing BJ Habibie- Presiden Republik Indonesia ketiga, Nelson Mandela-Presiden Afrika Selatan, Tun Najib Tun Razak- Wakil Perdana Menteri Malaysia, dan Jusuf Kalla- Wakil Presiden Republik Indonesia Ke-10.

Gedung Perpustakaan Lengkap

Memiliki gedung perpustakaan 4 lantai dan merupakan salah satu perpustakaan dengan ratusan ribu koleksi literasi dari nasional dan internasional sehingga menjadi salah satu perpustakaan terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Memiliki banyak beasiswa

Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Instansi pemerintah maupun swasta menawarkan banyak beasiswa bagi para calon mahasiswa berprestasi. Tak hanya itu, UNHAS juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai Universitas di Indonesia dan mancanegara seperti Inggris, China, Korea dan Iran.

 

UKM Melimpah

Menyediakan banyak pilihan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menjadi sarana pengembangan bakat mahasiswanya, mulai dari catur, tenis meja, baseball, karate, penalaran ilmiah, paduan suara mahasiswa, dunia broadcasting, Produksi film, teater, fotografi, enterpreneur dan masih banyak lagi.

Nah itu dia fakta-fakta menarik tentang Universitas Hasanuddin yang musti kalian ketahui, dan masih banyak lagi hal lainnya yang menarik. Mulai dari lingkungannya yang asri hingga para lulusannya yang menjadi incaran banyak perusahaan besar di Indonesia dan luar negeri. Bagaimana teman-teman? Tertarik untuk berkuliah di UNHAS? Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt