Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dekat Universitas Indonesia (UI)



Universitas Indonesia atau biasa disingkat UI adalah sebuah Perguruan Tinggi di Indonesia. Dengan kampus utamanya yang terletak di bagian Utara Depok , Jawa Barat. Sementara kampus utama lainnya terletak di Salemba, Jakarta Pusat.

Universitas Indonesia dianggap sebagai 3 Universitas terbaik di Indonesia, bersama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institit Teknologi Bandung.

Sejarah Universitas Indonesia

Cikal bakal terbentuknya UI adalah ketika kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan yang memegang sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta mendapatkan gelar Dokter Jawa (Javanese doctor). Gelar Dokter Jawa ini diberikan karena para lulusan sekolah ini hanya diberikan izin untuk membuka praktek di wilayah Hindia-Belanda.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Universitas ini di ambil alih oleh Indonesia dan diberi nama Badan Pendidkan Tinggi di Indonesia (BPTRI). BPTRI didirikan pada tanggal 19 agustus 1945 di Jakarta, dengan 2 fakultas (yang saat itu disebut dengan istilah Perguruan Tinggi). Yaitu Perguruan Tinggi Kedokteran dan Perguruan Tinggi Hukum/Kesusteran.

Dibuka secara resmi pada tanggal 1 Oktober 1945, Institusi ini berhasil meluluskan 90 orang sebagai Dokter. Namun, pada akhir tahun 1945 belanda berhasil menguasai Jakarta yang menyebabkan BPTRI harus dipindahkan ke Klaten, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.

Pada tanggal 21 Juni 1946 NICA mendirikan sebuah Nood Universiteit atau Universitas Sementara di Jakarta. Pada tanggal 21 maret 1947, nama Nood Universiteit diganti menjadi Universiteit van Indonesia. Akhirnya, setelah Jakarta berhasil kembali diambil alih. Pemerintah mengembalikan BPTRI ke Jakarta dan menggabungkannya dengan Universiteit van Indonesia dan memberinya nama baru yaitu Universiteit Indonesia.

Pada tahun 1955, UU No. 10 tentang pengubahan kata Universiteit, Universitet, Universitit dirubah menjadi Universitas. Sejak saat itu, secara resmi Universiteit Indonesia diubah namanya menjadi Universitas Indonesia.

Visi dan Misi Universitas Indonesia

Visi :

Mewujudkan Universitas Indonesia yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan sebagai solusi nasional dan global.

Misi :

·       Menyediakan akses yang luas dan adil, serta berpendidikan dan pengajaran yang berkualitas.

·       Menghasilkan lulusan berwawasan kebangsaan yang unggul dan kompeten sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional, serta memiliki nilai-nilai UI.

·       Menyelenggarakan kegiatan tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global.

·       Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan Visi UI.

Fakultas di Universitas Indonesia

Rumpun Ilmu kesehatan (RIK)

·       Fakultas kedokteran

·       Fakultas Kedokteran Gigi

·       Fakultas Farmasi

·       Fakultas Kesehatan Masyarakat

·       Fakultas Ilmu Keperawatan

Rumpun Sains-Teknologi (Saintek)

·       Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

·       Fakultas Teknik

·       Fakultas Ilmu Komputer

Rumpun Sosial-Humaniora (Soshum)

·       Fakultas Hukum

·       Fakultas Ekonomi dan Bisnis

·       Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

·       Fakultas Psikologi

·       Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

·       Fakultas Ilmu Administrasi

Rumpun Pascasarjana Multidisiplin Ilmu

·       Sekolah Ilmu Lingkungan

·       Sekolah Kajian Stratejik dan Global

Vokasi/Kejujuran

·       Program Vokasi

Fasilitas di Universitas Indonesia

·       Makara Art Centrum

·       Integrated Faculty Club

·       Perpustakaan

·       Asrama

·       Balai Mahasiswa

·       Fasilitas dan Sarana Olahraga

·       Pusat Kegiatan Mahasiswa

·       Wisma Makara

·       Klinik Satelit

·       Bus Kampus

·       Rute Biru

·       Rute merah

·       Halte

·       Rute PNJ

·       Rute Bus Ekstensi FEB

·       Sepeda kampus

Bagi sobat-sobat yang bercita-cita menjadi bagian dari Universitas ini, sobat bisa mulai mempersiapkan dirinya sedini mungkin. Semoga Berhasil !

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt