Mengenal Universitas Tertua Kota Jayapura, Universitas Cendrawasih

                             

Universitas Cendrawasih (UNCEN) merupakan sebuah perguruan tinggi yang terletak di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Didirikan sejak 10 November 1962 dan beralamat di Jl, Kamp Wolker Waena, Jayapura Papua. 

Sebagai universitas tertua, Universitas cendrawasih berhasil mencetak lulusan-lulusan yang terbukti mampu berkontribusi dalam berbagai bidang. Selain itu, universitas ini juga menyediakan jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan.

Sejarah Universitas Cendrawasih

Didirikan berdasarkan keputusan WAMPA/Koordinator Urusan Irian Barat dan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 140/PTIP/1962 pada tanggal 10 November 1962, yang selanjutnya disahkan oleh keputusan Presiden nomor 389 tahun 1962, pada tanggal 31 Desember 1962.

Pada saat itu, irian barat masih belum kembali ke Indonesia. Sehingga di bentuklah Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri di Jayapura pada 1 Oktober 1962.

Panitia tersebut, bertugas membuat laporan serta mengatur pertemuan yang diadakan sebanyak 3 kali. Yaitu pada tanggal 6 Oktober, 10 Oktober, dan 13 Oktober 1962.

Hingga pada 10 November diadakanlah sebuah pertemuan di Jl. Wampa Jakarta. Tepat pada pukul 20.00 Hollandia yang saat ini Jayapura, Universitas Cendrawasih resmi di buka.

Visi dan Misi Universitas Cendrawasih :

* Visi :

Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam pembelajaran, pengembangan dan pengalaman ilmu pengetahuan alam, teknologi seni dan olahraga yang bermutu tinggi serta kompetitif terutama dalam bidang ilmu Antropologi dan Sumber Daya Alam bagi kesejahteraan masyarakat papua dan kemajuan bangsa indonesia.

* Misi :

1. Menyiapkan anggota didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik, profesi dan atau vokasi yang dapat menerapkan, mengembangkan, menciptakan, dan atau menemukan temuan-temuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan olahraga.

2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan olahraga serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

3. Memperkukuh upaya pembangunan masyarakat madani yang demokratis dengan berperan sebagai agen pembangunan dan pembaharu, yang berkekuatan moral mandiri.

4. Mencapai keunggulan yang kompetitif dan komparatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga. Terutama dalam hubungan dengan pengembangan pola ilmah pokok Uncen; dan

5. Menciptakan suasana akademik yang sehat guna mendukung penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi berdasarkan nilai-nilai moral, dan kemanusiaan yang berintikan pada wawasan kebangsaan dan kebudayaan nasional.

 Fakultas di Universitas cendrawasih

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

3. Fakultas Hukum

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

5. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

6. Fakultas Teknik

7. Fakultas Kesehatan Masyarakat

8. Fakultas Kedokteran

9. Fakultas Ilmu Keolahragaan

10. Program pascasarjana

Fasilias-fasilitas di Universitas cendrawasi :

1. Auditorium

2. Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Perpustakaan

3. Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Komputer

4. Gedung Unit Kegiatan Mahasiswa

5. Bus Mahasiswa

6. Stadion Mahacendra

Itulah informasi mengenai Universitas tertua di Jayapura, Universitas Cendrawasih. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar