Langsung ke konten utama

Jurusan Kebidanan | Pengertian, Perkuliahan dan Prospek Kerjanya


Untuk menjadi seorang tenaga kesehatan ternyata bukan hanya menjadi seorang dokter dan perawat, tetapi bisa juga menjadi seorang bidan dengan cara menempuh pendidikan untuk kebidanan.

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai jurusan kebidanan. Simak penjelasannya di abwah ini.

Pengertian Jurusan Kebidanan

Jurusan kebidanan adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membantu proses persalinan, melakukan pemeriksaan kehamilan, serta membantu memantau perkembangan janin di setiap fase. Tak hanya itu, seorang bidan juga berperan dalam merawat dan memberikan asuhan kepada pasien.

Khususnya bagi para ibu yang baru pertama kali melahirkan, tentunya membutuhkan banyak bimbingan dalam mengurus bayi. Seorang bidan juga akan mengajarkanmu tentang cara menjaga kesehatan sistem reproduksi.

Dengan demikian, para calon ibu dapat mempersiapkan kondisi fisiknya dalam keadaan baik sebelum hamil agar menghasilkan keturunan yang sehat.

Kuliah di jurusan ini cukup seru dan menyenangkan, sebab tidak hanya belajar sebatas teori namun juga praktek langsung di lapangan.

Mata Kuliah Jurusan Kebidanan

Selama perkuliahan di jurusan kebidanan, kamu akan dihadapkan dengan beberapa mata kuliah berikut ini :

• Fisiologi

Seorang bidan memerlukan ilmu pengetahun tentang fungsi sel dan jaringan dalam tubuh manusia. Mata kuliah fisiologi akan menjawab kebutuhan tersebut.

• Anatomi

belajar di prodi kebidanan akan membutuhkan ilmu mengenai bagian tubuh manusia serta fungsinya. Maka mendapatkan mata kuliah anatomi untuk mempelajari bagian-bagian tubuh tersebut.

• Biokimia

Dalam perkuliahan di jurusan kebidanan juga akan dihadapkan dengan mata kuliah biokimia. Mata kuliah ini mempelajari tentang aspek kimia dalam tubuh manusia, seperti fungsi enzim, protein, dan lainnya.

• Asuhan kebidanan

Mata kuliah asuhan kebidanan akan mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan masa kehamilan, tumbuh kembang bayi, masa perdalinan, serta manajemen kebidanan.

• Etika umum

Setelah lulus dan melayani sebagai seorang bidan, maka akan berinteraksi langsung dan intens dengan masyarakat. Sehingga selama perkuliahan mendapatkan mata kuliah etika umum, agar bisa memberikan pelayanan kesehatan yang profesional.

Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Jurusan kebidanan akan mempersiapkan lulusannya untuk memberi prospek kerja yang luas, diantaranya sebagai berikut :

• Menjalani profesi bidan

Indonesia membutuhkan banyak sekali lulusan kebidanan untuk membantu persalinan di banyak wilayah dan daerah. Sehingga setelah lulus bahkan jauh sebelum lulus, kamu sudah memiliki tempat kerja yang jelas. Terdapat banyak instansi kesehatan yang dapat dituju, mulai dari rumah sakit umum (pemerintah), rumah sakit swasta, klinik kesehatan milik pribadi, klinik persalinan, sampai puskesmas.

• Membuka praktek sendiri

Lulusan kebidanan juga memiliki kesempatan untuk membuka praktek sendiri baik di rumah ataupun di klinik sendiri, seperti klinik kesehatan maupun klinik yang memberi pelayanan kesehatan secara spesifik. Misalnya klinik persalinan, klinik penyakit jantung, dan sebagainya.

Akan tetapi, sebelum membuka klinik sendiri, kamu perlu mengurus sertifikasi dan surat-surat terkait perizinan usaha. Setelah semua surat lengkap maka kamu dapat membuka praktek sendiri. Hindari praktek secara ilegal, karena tanpa adanya surat-surat dan sertifikasi, kamu tidak bisa membuka praktek.

• Instansi BPJS

Seorang lulusan kebidanan juga bisa berkarir di Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Meskipun BPJS tidak membutuhkan bidan secara langsung, namun ilmu selama kuliah dibutuhkan di instansi ini, sehingga kamu bisa mencoba berkarir di BPJS.

• Dosen kebidanan

Kuliah di jurusan kebidanan juga membuka pelung untuk kamu menjadi seorang dosen. Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang dosen, maka kamu wajib menempuh pendidikan di jenjang S2, sehingga bisa menekuni profesi sebagai dosen.

Nah, itulah informasi mengenai perkuliahan di jurusan kebidanan lengkap dengan prospek kerjanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambha wawasan bagi semua pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt