Langsung ke konten utama

Mengenal Jurusan Agroteknologi, Info Kuliah dan Prospek Kerjanya



Tahukah anda apa itu jurusan Agroteknologi ?

Jurusan Agroteknologi merupakan salah satu jurusan yang menjadi incaran para calon Mahasiswa Kuliah Pertanian. Kuliah Pertanian bukan berarti kita harus jadi petani yang ujung-ujungnya bisa dilakukan tanpa harus kuliah terlebih dahulu.

 Agroteknologi sendiri merupakan bidang studi yang mempelajari tentang penguasaan teknologi pada produksi pertanian dengan memperhatikan kualitas dan efesiensinya. Sobat yang memilih untuk kuliah dan mengambil jurusan Agroteknologi akan mempelajari tentang bagaimana cara mengolah tanaman, lahan, hama dan ekosistem. Selain itu, kamu juga akan akan mempelajari berbagai masalah dibidang pertanian, pembenihan serta perkebunan.

Jurusanagroteknologi akan mempersiapkan sobat agar dapat bersaing di industri 4.0 dan menghasilkan produk yang unggul.

Apa itu Agroteknologi

Agroteknologi atau pada beberapa kampus menyebutnya Agroekoteknologi berasal dari kata Agronomi dan Teknologi. Agronomi ialah ilmu yang mempelajari segala fenomena yang berkaitan dengan pertanian, mencakup pengelolaan tanah dan produksi tanaman. Sedangkan Teknologi yang dimaksud disini ialah teknologi yang berkaitan dengan sains alam (ekologi), bukan teknik bertani atau teknik merakit mesin.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Agroteknologi adalah ilmu yang menjabarkan tentang pengelolaan komoditas sedari berupa bibit hingga menjadi produk akhir.

Pengetahuan dan Keahlian

1. Pemahaman biologi

2. Pemahaman kimia

3. Kemampuan meneliti

4. Kemampuan melakukan analisis

5. Kemampuan berfikir kritis

6. Kemampuan berfikir terstruktur

Menapa harus memilih Jurusan Agroteknologi

1. Pekembangan teknologi yang pesat jika diimplementasikan dalam bidang pertanian dapat meningkatkan hasil produksi.Hal ini dapat dilakukan melalui tangan lulusan Agroteknologi. Maka tak heran jika jurusan ini memiliki prospek yang cerah.

2. Lulusan Agroteknologi memiliki peluang karir di berbagai instansi pemerintah, seperti Kementerian Pertanian dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

3. Lulusan Agroteknologi dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan membuka usaha sektor komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, maupun kehutanan.

4. Kamu akan terbiasa merancang sistem pertanian yang efektif dan produktif. Keterampilan inilah yang menjadi nilai jual bagi lulusan Agroteknologi.

5. Kebiasaan meneliti Jurusan Agroteknologi sangat mungkin mendorong mu untuk menciptakan teknologi baru di bidang pertanian.

Universitas dengan Jurusan Agroteknologi

1. Universitas Andalas

2. Universitas Jember

3. Universitas Hasanuddin

4. Universitas Padjadjaran

5. Universitas Lampung

6. Universitas Jendral Soedirman

7. Universitas Riau

8. Universitas Sebelas Maret

9. Universitas Syiah Kuala

10. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Prospek Kerja

Berikut beberapa prospek kerja yang dapat kamu pilih ketika menjadi lulusan Jurusan Agroteknologi.

1. Surveyor

Seorang surveyor memiliki tugas untuk melakukan survei dan menghasilkan laporan yang biasanya digunakan sebagai acuan untuk mengambil keputusan. Badan yang membutuhkan seorang surveyor Jurusan Agroteknologi adalah Lembaga Pertahanan. Contohnya adalah Badan Koordinasi Survei dan Badan Pertanahan Nasional.

2. Pegawai BUMN

Indonesia merupakan negara agraris, yang memiliki banyak usaha di bidang pertanian. Karena jumlahnya yang banyak dan memiliki posisi yang terstruktur. Maka memungkinkan untuk lulusan Jurusan Agroteknologi untuk menjadi PNS.

3. Konsultan Pertanian.

Konsultan pertanian akan dibutuhkan oleh pihak-pihak tertentu, bisa berupa organisasi, lembaga, hingga perusahaan. Menjadi konsultasi pertanian juga bukanlah pekerjaan dengan gaji yang rendah.

Itulah beberapa prospek kerja seorang Sarjana Agroteknologi. Apakah sobat tertarik untuk bergabung dalam jurusan ini ?

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt