Mengenal Jurusan Agroteknologi, Info Kuliah dan Prospek Kerjanya



Tahukah anda apa itu jurusan Agroteknologi ?

Jurusan Agroteknologi merupakan salah satu jurusan yang menjadi incaran para calon Mahasiswa Kuliah Pertanian. Kuliah Pertanian bukan berarti kita harus jadi petani yang ujung-ujungnya bisa dilakukan tanpa harus kuliah terlebih dahulu.

 Agroteknologi sendiri merupakan bidang studi yang mempelajari tentang penguasaan teknologi pada produksi pertanian dengan memperhatikan kualitas dan efesiensinya. Sobat yang memilih untuk kuliah dan mengambil jurusan Agroteknologi akan mempelajari tentang bagaimana cara mengolah tanaman, lahan, hama dan ekosistem. Selain itu, kamu juga akan akan mempelajari berbagai masalah dibidang pertanian, pembenihan serta perkebunan.

Jurusanagroteknologi akan mempersiapkan sobat agar dapat bersaing di industri 4.0 dan menghasilkan produk yang unggul.

Apa itu Agroteknologi

Agroteknologi atau pada beberapa kampus menyebutnya Agroekoteknologi berasal dari kata Agronomi dan Teknologi. Agronomi ialah ilmu yang mempelajari segala fenomena yang berkaitan dengan pertanian, mencakup pengelolaan tanah dan produksi tanaman. Sedangkan Teknologi yang dimaksud disini ialah teknologi yang berkaitan dengan sains alam (ekologi), bukan teknik bertani atau teknik merakit mesin.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Agroteknologi adalah ilmu yang menjabarkan tentang pengelolaan komoditas sedari berupa bibit hingga menjadi produk akhir.

Pengetahuan dan Keahlian

1. Pemahaman biologi

2. Pemahaman kimia

3. Kemampuan meneliti

4. Kemampuan melakukan analisis

5. Kemampuan berfikir kritis

6. Kemampuan berfikir terstruktur

Menapa harus memilih Jurusan Agroteknologi

1. Pekembangan teknologi yang pesat jika diimplementasikan dalam bidang pertanian dapat meningkatkan hasil produksi.Hal ini dapat dilakukan melalui tangan lulusan Agroteknologi. Maka tak heran jika jurusan ini memiliki prospek yang cerah.

2. Lulusan Agroteknologi memiliki peluang karir di berbagai instansi pemerintah, seperti Kementerian Pertanian dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

3. Lulusan Agroteknologi dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan membuka usaha sektor komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, maupun kehutanan.

4. Kamu akan terbiasa merancang sistem pertanian yang efektif dan produktif. Keterampilan inilah yang menjadi nilai jual bagi lulusan Agroteknologi.

5. Kebiasaan meneliti Jurusan Agroteknologi sangat mungkin mendorong mu untuk menciptakan teknologi baru di bidang pertanian.

Universitas dengan Jurusan Agroteknologi

1. Universitas Andalas

2. Universitas Jember

3. Universitas Hasanuddin

4. Universitas Padjadjaran

5. Universitas Lampung

6. Universitas Jendral Soedirman

7. Universitas Riau

8. Universitas Sebelas Maret

9. Universitas Syiah Kuala

10. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Prospek Kerja

Berikut beberapa prospek kerja yang dapat kamu pilih ketika menjadi lulusan Jurusan Agroteknologi.

1. Surveyor

Seorang surveyor memiliki tugas untuk melakukan survei dan menghasilkan laporan yang biasanya digunakan sebagai acuan untuk mengambil keputusan. Badan yang membutuhkan seorang surveyor Jurusan Agroteknologi adalah Lembaga Pertahanan. Contohnya adalah Badan Koordinasi Survei dan Badan Pertanahan Nasional.

2. Pegawai BUMN

Indonesia merupakan negara agraris, yang memiliki banyak usaha di bidang pertanian. Karena jumlahnya yang banyak dan memiliki posisi yang terstruktur. Maka memungkinkan untuk lulusan Jurusan Agroteknologi untuk menjadi PNS.

3. Konsultan Pertanian.

Konsultan pertanian akan dibutuhkan oleh pihak-pihak tertentu, bisa berupa organisasi, lembaga, hingga perusahaan. Menjadi konsultasi pertanian juga bukanlah pekerjaan dengan gaji yang rendah.

Itulah beberapa prospek kerja seorang Sarjana Agroteknologi. Apakah sobat tertarik untuk bergabung dalam jurusan ini ?

 

 

Posting Komentar

0 Komentar