Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dekat Universitas Riau


Universitas Riau atau yang sering disebut UNRI adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Kampus ini didirikan pada tanggal 25 September 1962 dan memiliki kampus utama yang berlokasi di Kampus Bina Widya KM 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru.

Unriversitas Riau memiliki akreditasi B (Baik) dan menduduki peringkat ke-2 terbaik di seluruh Sumatera yang telah diperoleh dari dua lembaga penilai QS World University Ranking dan Webometrics.

Lalu, bagaimana sejarahnya hingga bisa berkembang seperti sekarang ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Profil Kampus

Universitas Riau didirikan pada tanggal 25 September 1962. Saat ini, Universitas Riau memiliki 10 Fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Keperawatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Sejarah Universitas Riau

Awal mula berdirinya Universitas Riau dimulai dari keinginan dan cita-cita bersama antara masyarakat dan pemerintah daerah Riau. Keinginan tersebut diwujudkan dengan membentuk Panitia Persiapan Perguruan Tinggu Riau (P3TR) di Tanjung Pinang. Namun, setelah ibukota propinsi Riau pindah ke Pekanbaru, maka Panitia ini dipindahkan ke kota ini. Pelopor dari pendirian perguruan tinggi tersebut ialah Kolonel Kaharuddin Nasution, Datuk Wan Abdurrahman, Soesman Hs. dan Drs. Sutan Balia.

Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau akhirnya berhasil mendirikan Yayasan Universitas Riau, yang kemudian dari yayasan tersebut berhasil didirikan sebuah perguruan tinggi bernama Universitas Riau pada tanggal 25 September 1962. Pada awal berdirinya Universitas Riau memiliki 2 fakultas yakni :

Fakultas Ketataniagaan dan Ketatanegaraan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Lalu, satu tahun berikutnya dibuka dua fakultas baru, yaitu :

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam

Pada tahun 1964, kemudian didirikan Fakultas Perikanan, sehingga lengkaplah UNRI sebagai sebuah universitas dengan dua fakultas eksakta dan tiga non-eksakta. Pada tahun yang sama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memisahkan diri dan menjadi IKIP Jakarta Cabang Pekanbaru. Namun empat tahun kemudian (1968) kembali bergabung dengan Universitas Riau dan dilebur menjadi dua fakultas, masing-masing Fakultas Keguruan dan Fakultas Pendidikan, sehingga saat itu Universitas Riau memiliki enam fakultas.

Pada tahun 1981, dibuka pula Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) dengan Jurusan Penyuluhan Pertanian dan Teknik Sipil, yang merupakan cikal bakal Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Dua tahun berikutnya Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan disatukan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Tahun 1991 FNGT ditutup dan dibuka Fakultas Pertanian dan akhimya pada tahun 1994 berdirilah fakultas yang ketujuh, yaitu Fakultas Teknik.

Lembaran sejarah perguruan tinggi ini mengalami perubahan-perubahan, baik struktur dan bentuk maupun personalnya. Sejak berdiri (1962) hingga 1978, UNRI memakai sistem presidium. Tercatat tokoh-tokoh yang pemah duduk sebagai ketua presidium :

1. Brigjen. H. Kaharuddin Nasution (1962-1967).

2. Brigjen. H. Arifin Achmad (1967-1978).

Dari tahun 1978 hingga 1980, bisa dikatakan sebagai masa peralihan UNRI dari sistem presidium kepada sistem rector. Kemudian ditunjuklah Drs. H.M.Farid Kasmy sebagai pejabat sementara Rektor UNRI. Baru tahun 1980 Unri mempunyai rektor definitif berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.148/M/1980.

Berikut daftar nama yang pernah menjabat sebagai rector di Universitas Riau :

1. Prof. Dr. Muchtar Lutfi (1980-1984, 1985 – 1989)

2. Prof. Drs. M. Bosman Saleh, MBA (1989 – 1993)

3. Dr. Mohammad Diah, M.Ed. (1993 – 1997).

4. Prof. Dr. Muchtar Ahmad (1997 – 2001, 2002 – 2006)

5. Prof. Dr. Ashaluddin Jalil, MS. (2006 – 2010, 2010 – 2014)

6. Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc (2014 – sekarang)

Visi dan Misi Universitas Riau

Visi

Menjadi universitas riset yang cemerlang berbasis pengembangan sumber daya kawasan perairan dan budaya melayu tahun 2035

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi.

2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk menyelesaikan masalah daerah dan nasional.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi UNRI dalam pembangunan daerah dan nasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt