Mengenal Lebih Dekat Universitas Riau


Universitas Riau atau yang sering disebut UNRI adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Kampus ini didirikan pada tanggal 25 September 1962 dan memiliki kampus utama yang berlokasi di Kampus Bina Widya KM 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru.

Unriversitas Riau memiliki akreditasi B (Baik) dan menduduki peringkat ke-2 terbaik di seluruh Sumatera yang telah diperoleh dari dua lembaga penilai QS World University Ranking dan Webometrics.

Lalu, bagaimana sejarahnya hingga bisa berkembang seperti sekarang ini? Kamu dapat mengetahuinya melalui mesin pencari yandex maupun dari artikel ini. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Profil Kampus

Universitas Riau didirikan pada tanggal 25 September 1962. Saat ini, Universitas Riau memiliki 10 Fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Keperawatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Sejarah Universitas Riau

Awal mula berdirinya Universitas Riau dimulai dari keinginan dan cita-cita bersama antara masyarakat dan pemerintah daerah Riau. Keinginan tersebut diwujudkan dengan membentuk Panitia Persiapan Perguruan Tinggu Riau (P3TR) di Tanjung Pinang. Namun, setelah ibukota propinsi Riau pindah ke Pekanbaru, maka Panitia ini dipindahkan ke kota ini. Pelopor dari pendirian perguruan tinggi tersebut ialah Kolonel Kaharuddin Nasution, Datuk Wan Abdurrahman, Soesman Hs. dan Drs. Sutan Balia.

Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau akhirnya berhasil mendirikan Yayasan Universitas Riau, yang kemudian dari yayasan tersebut berhasil didirikan sebuah perguruan tinggi bernama Universitas Riau pada tanggal 25 September 1962. Pada awal berdirinya Universitas Riau memiliki 2 fakultas yakni :

Fakultas Ketataniagaan dan Ketatanegaraan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Lalu, satu tahun berikutnya dibuka dua fakultas baru, yaitu :

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam

Pada tahun 1964, kemudian didirikan Fakultas Perikanan, sehingga lengkaplah UNRI sebagai sebuah universitas dengan dua fakultas eksakta dan tiga non-eksakta. Pada tahun yang sama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memisahkan diri dan menjadi IKIP Jakarta Cabang Pekanbaru. Namun empat tahun kemudian (1968) kembali bergabung dengan Universitas Riau dan dilebur menjadi dua fakultas, masing-masing Fakultas Keguruan dan Fakultas Pendidikan, sehingga saat itu Universitas Riau memiliki enam fakultas.

Pada tahun 1981, dibuka pula Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) dengan Jurusan Penyuluhan Pertanian dan Teknik Sipil, yang merupakan cikal bakal Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Dua tahun berikutnya Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan disatukan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Tahun 1991 FNGT ditutup dan dibuka Fakultas Pertanian dan akhimya pada tahun 1994 berdirilah fakultas yang ketujuh, yaitu Fakultas Teknik.

Lembaran sejarah perguruan tinggi ini mengalami perubahan-perubahan, baik struktur dan bentuk maupun personalnya. Sejak berdiri (1962) hingga 1978, UNRI memakai sistem presidium. Tercatat tokoh-tokoh yang pemah duduk sebagai ketua presidium :

1. Brigjen. H. Kaharuddin Nasution (1962-1967).

2. Brigjen. H. Arifin Achmad (1967-1978).

Dari tahun 1978 hingga 1980, bisa dikatakan sebagai masa peralihan UNRI dari sistem presidium kepada sistem rector. Kemudian ditunjuklah Drs. H.M.Farid Kasmy sebagai pejabat sementara Rektor UNRI. Baru tahun 1980 Unri mempunyai rektor definitif berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.148/M/1980.

Berikut daftar nama yang pernah menjabat sebagai rector di Universitas Riau :

1. Prof. Dr. Muchtar Lutfi (1980-1984, 1985 – 1989)

2. Prof. Drs. M. Bosman Saleh, MBA (1989 – 1993)

3. Dr. Mohammad Diah, M.Ed. (1993 – 1997).

4. Prof. Dr. Muchtar Ahmad (1997 – 2001, 2002 – 2006)

5. Prof. Dr. Ashaluddin Jalil, MS. (2006 – 2010, 2010 – 2014)

6. Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc (2014 – sekarang)

Visi dan Misi Universitas Riau

Visi

Menjadi universitas riset yang cemerlang berbasis pengembangan sumber daya kawasan perairan dan budaya melayu tahun 2035

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi.

2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk menyelesaikan masalah daerah dan nasional.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi UNRI dalam pembangunan daerah dan nasional.

Posting Komentar

0 Komentar