Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dalam Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya


Mungkin masih ada diantara kalian yang masih galau dalam memilih jurusan di bangku kuliah. Nah, psikologi bisa menjadi salah satu pilihan yang perlu dipertimbangkan. Secara umum, jurusan psikologi focus mempelajari tingkah laku mental seseorang.

Jurusan ini terbilang cukup unik dan sangat menarik untuk ditekuni. Tapi, apa sebenarnya ilmu psikologi itu? Untuk itu, mari mengenal lebih jauh jurusan psikologi.

Apa itu Ilmu Psikologi?

Psikologi berakar dari filosofi mengenai eksistensi manusia, dimulai dari tipe-tipe kepribadian manusia, serta bagaimana manusia berperilaku. Secara singkat, ilmu psikologi bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.

Dalam proses perkembangannya, ilmu psikologi mengalami beberapa fase seiring dengan semakin bermunculannya teori baru yang saling mengoreksi, mengevaluasi, dan melengkapi satu sama lain. Hingga akhirnya, ilmu psikologi terus berupaya untuk dapat melihat “pola umum” untuk menjelaskan perilaku manusia yang kompleks.

Ilmu psikologi modern berkembang semakin pesat sejak menggandeng disiplin ilmu lain, yaitu neurologi yang basisnya dari dunia medis. Dengan pendekatan neurologi, para psikolog saat ini tidak hanya berpatokan pada “pola” yang diketahui dari serangkaian teori dan eksperimen sebelumnya, tapi juga bisa melihat langsung proses aktivitas otak manusia secara detail.

Dengan melihat impuls listrik, syaraf, hormon, dan mekanisme biologis yang bekerja, para psikolog dapat melihat proses sesungguhnya dibalik aktivitas mental manusia yang kompleks, sehingga bisa melihat lebih mendalam tentang dinamika emosi manusia.

Pembagian Ilmu Psikologi

Sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan ini, ada baiknya kamu mengetahui bidang-bidang ini terlebih dahulu.

• Psikologi Umum dan Eksperimental

Psikologi umum dan eksperimental berfokus pada pembahasan tentang penelitian atau eksperimen dalam bidang psikologi. Kamu akan diajarkan tentang bagaimana sebuah penelitian psikologi dilakukan dengan menggunakan peralatan atau berbagai metode yang ilmiah sehingga memiliki akurasi yang tinggi. Singkatnya, cabang ilmu ini akan membantu membantu untuk merinci, menjabarkan, menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan proses-proses psikologi.

• Psikologi Klinis

Cabang ilmu psikologi ini akan mengarahkanmu untuk menjadi seorang psikolog. Pada spesifikasi ini kamu akan mempelajari pola tingkah laku manusia dalam kasus yang lebih fokus dan mendalam. Kamu sudah lepas dari pola umum, dan siap untuk menangani berbagai macam gangguan terkait mental manusia.

• Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan adalah salah satu peminatan dengan fokus pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Di ranah pendidikan, psikologi memang merupakan faktor utama dalam menentukan tingkat keberhasilan proses pembelajaran. Untuk itu, seorang pendidik harus bisa memberikan beragam informasi perihal pengetahuan kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhan yang ditentukan.

• Psikologi Konsumen

Jurusan psikologi menjadi tenar di kalangan pelajar karena penerapan ilmunya yang dapat digunakan di berbagai bidang. Misalnya dari segi ekonomi, terutama bidang marketing. Sebagai titik pusat pemasaran, analisis terhadap perilaku konsumen sangatlah penting dilakukan oleh seorang pebisnis. Para lulusan jurusan ilmu psikologi akan membaca dinamika yang mencakup tren keinginan dan kebutuhan dari para konsumen.

• Psikologi Organisasi

Psikologi organisasi lebih menekankan kepada pengembangan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM). Kamu pasti pernah mendengar tentang divisi HRD atau Human Resource Development yang ada di sebuah perusahaan, kan? Nah, divisi ini memiliki peran dalam merancang sistem rekruitmen, assessment centre, pelatihan kinerja, sistem remunerasi hubungan industrial, evaluasi dan penilaian kerja, hingga budaya perusahaan.

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

1. Human Resources Development (HRD)

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang paling banyak membutuhkan lulusan psikologi. Pekerjaan HRD berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut, yang merupakan suatu bagian dari sebuah perusahaan.

2. Psikolog

Untuk mendapatkan gelar psikolog harus memenuhi kualifikasi jenjang S2 psikologi. Dan wajib mengambil jurusan psikologi klinis. Sehingga tidak hanya menjadi penguji atau pemberi ujian psikologi bagi calon karyawan sebuah perusahaan. Namun bisa memberi bimbingan psikologi langsung kepada karyawan.

Selain itu,  psikolog klinis juga bisa bekerja di rumah sakit. Apabila bekerja di rumah sakit yang ditangani adalah para pasien yang memiliki masalah kejiwaan atau anak yang perkembangan mentalnya terhambat.

3. Konsultan SDM

Kamu juga bisa menjadi konsultan SDM di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang management trainee. Sehingga bisa memberi konsultasi kepada karyawan perusahaan lain untuk menjadi lebih produktif, loyal, dan cerdas mengaplikasikan kemampuan kerja.

4. Research and Development (RnD)

Lulusan psikologi juga bisa mengisi posisi sebagai RnD atau Research and Development. Tugas utamanya adalah mengadakan penelitian dalammengembangkan produk sebuah perusahaan. Jurusan ini bisa masuk ke RnD karena punya ilmu dalam melakukan analisis perilaku penggunaan konsumen terhadap suatu produk.

5. Ahli Psikometri

Psikometri merupakan sebuah cabang dari psikologi umum dan eksperimen yang bertugas membuat alat tes psikologi. Seorang ahli psikometri dibutuhkan di banyak lembaga, mulai dari kepolisisan, KPK, ICW sampai lembaga intelijen negara. Dengan alat tes psikologi yang dibuat, kamu bisa mengukur tingkat kejujuran, tipe kepribadian, kinerja, motivasi, dan lain sebagainya.

Itula penjelasan mengenai jurusan psikologi lengkap dengan peluang karirnya. Semoga artikel ini dapat membantu menjawab pertanyaan pembaca seputar jurusan ilmu psikologi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt