Mengenal Jurusan Manajemen dan Prospek Kerjanya


Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan kuliah dengan bidang keilmuan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau korporasi. Jurusan ini masih berkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Buat kamu youtuber seperti yawi echo sangat cocok memilih jurusan ini.

Manajemen adalah ilmu dengan cakupan yang luas serta dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan. Hal tersebut menjadi alasan mengapa jurusan ini banyak menampung mahasiswa, karena prospek kerjanya yang terbuka lebar.

Di dunia industri hiburan korea, manajemen merupakan hal yang sangat penting. Dengan penggemar yang tinggi dan sponsor bersedia mencakoki dana, maka manajemen industri tersebut harus terbilang bagus.

Artikel ini akan membahas tentang jurusan manajemen secera lengkap. Simak penjelasannya untuk mengetahui tentang jurusan ini lebih dalam.

Ilmu Manajemen

Ilmu manajemen adalah ilmu yang mempelajari tentang cara merencanakan, mengatur, serta mengelola sebuah perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Selama berkuliah di jurusan ini, mahasiswa akan dituntut untuk memahami cara penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai target sasaran.

Ilmu manajeman merupakan ilmu dengan cakupan yang luas, yakni mencakup semua aspek mulai dari manajemen sumber daya manusia, manajemen industry, manajemen keuangan, manajemen bisnis, manajemen operasional, manajemen pemasaran, hingga manajemen perbankan.

Tak hanya itu, mahasiswa jurusan manajemen juga akan dihadapkan dengan kegiatan praktik langsung untuk menerapkan secara langsung apa yang telah dipahami di bawah bimbingan dosen. 

Mata kuliah yang akan dijumpai di jurusan manajemen, diantaranya adalah ekonomi manajerial, manajemen strategi, manajemen risiko, komunikasi bisnis, kepemimpinan, rencana bisnis, hingga perilaku konsumen.

Peminatan Jurusan Manajemen

Secara umum, terdapat beberapa peminatan jurusan manajemen, diantaranya :

• Manajemen sumber daya manusia

Konsentrasi di jurusan ini fokus untuk memahami perencanaan serta pengelolaan sumber daya manusia dalam menjalankan perusahaan maupun organisasi. Ilmu manajemen ini diperkuat dnegan teknik analisis dan psikologis agar sumber daya manusia dapat lebih produktif untuk mencapai tujuan.

• Manajemen keuangan

Peminatan ini lebih cenderung membahas mengenai pengelolaan keuangan dalam suatu instansi. Manajemen keuangan akan membawamu untuk menganalisis strategi serta operasi dalam mengoptimalkan keuangan di suatu instansi. Dengan demikian, konsentrasi ini akan menuntutmu dengan hitung-hitungan.

• Manajemen pemasaran

Peminatan selanjutnya yakni manajemen pemesaran. Disini, kamu akan mempelajari teknik pemasaran suatu produk serta analisis strategi dalam suatu bisnis. Peminatan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang pintar kreatif dan selalu memiliki inovasi. Karena pada dasarnya, peminatan ini cenderung mengimplementasikan ide-ide yang kamu miliki agar dapat menarik konsumen.

• Manajemen operasi

Berbeda dengan peminatan lainnya, manajemen operasi akan mempelajari tentang pemehaman atau cara pandang manajemen dari suatu proses melalui tools. Dengan kata lain, manajemen operasi ini lebih menganalisa tentang cara peningkatan efektifitas dan efisiensi suatu sistem produksi.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa saja sih prospek kerja untuk jurusan manajemen ini? Nah, simak penjelasan berikut ini untuk menemukan jawabannya.

• Dosen

Untuk dapat menjadi seorang dosen manajemen, tentunya menuntutmu menjadi seorang pendidik yang memiliki kemampuan yang tinggi. Kamu harus kompeten dan dituntut dapat menyempaikan ilmu untuk para mahasiswa.

• Ahli perbankan

Lulusan manajemen juga sangat dibutuhkan di dunia perbankan. Tak dapat dipungkiri, bekerja sebagai pegawai ahli di dunia perbankan akan menghasilkan gaji mulai belasan hingga puluhan juta.

• Ahli SDM

Lulusan manajemen banyak dicari menjadi tenaga ahli HRD di perusahaan. Gaji yang ditawarkan juga sangat menjanjikan, mulai standard UMR hingga puluhan juta rupiah.

• Konsultan finansial

Di era yang serba sulit, pekerjaan yang satu ini banyak dicari oleh banyak perusahaan. Tak hanya dibutuhkan oleh lembaga pemerintahan saja, pekerjaan yang satu ini juga banyak dibutuhkan di seluruh perusahaan dan masyarakat luas.

• Konsultan bisnis

Lulusan manajemen telah banyak mencetak para konsultan bisnis, konsultan bisnis ini tentunya banyak dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Sehingga bisa dipastikan, bahwa peluang menjadi konsultan bisnis pasti sangat banyak dicari.

Demikian penjelasan mengenai jurusan manajemen serta prospek kerjanya di masa depan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi pembaca.

Posting Komentar

0 Komentar