Langsung ke konten utama

Mengenal Jurusan Kehutanan dan Prospek Kerjanya


Apakah kamu seorang pecinta alam dan tertarik untuk mempelajarinya dan segala ekosistem yang terdapat di dalamnya? Kamu bisa mempelajari hal tersebut dengan bergabung ke jurusan Kehutanan.

Penghutanan kembali adalah salah satu kegiatan yang amat dibutuhkan saat ini. Untuk itu, dibutuhkan ahli-ahli Kehutanan yang dapat membuat hutan berfungsi kembali seperti sedia kala. Lalu, sebenarnya jurusan Kehutanan ini mempelajari tentang apa? Berikut dijelaskan tentang seluk beluk jurusan kehutanan.

Apa Itu Kehutanan?

Jurusan Kehutanan adalah program studi yang melatih mahasiswanya agar mampu merawat, mengatur dan melindungi ekosistem hutan. Proses belajar mengajar dalam jurusan ini memadukan teori lama dengan teknologi. Mahasiswa jurusan Kehutanan juga akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk praktikum daripada di belajar teori di kelas.

Jurusan satu ini juga akan membahas mengenai cara pelestarian hutan melalui metode rehabilitasi serta perlindungan hutan. Kamu akan belajar bagaimana cara untuk memanfaatkan hasil hutan yang ada tanpa perlu merusak ekosistem yang ada di dalamnya. Apalagi jika kamu memiliki hobi untuk naik gunung serta berpetualang, maka jurusan ini sangat cocok untuk kamu pelajari.

Kegiatan Perkuliahan dan Mata Kuliah Jurusan Kehutanan

Selama berkuliah di jurusan Kehutanan, kamu akan mendapatkan pemahaman mengenai pengelolaan ekosistem hutan. Termasuk juga upaya untuk bisa meningkatkan produktivitas dari hutan itu sendiri serta dapat memanfaatkan dan mengelola hasil hutan dengan lebih efisien. Di sisi lain, kamu juga akan mempelajari mengenai upaya untuk melakukan penyelamatan, pengelolaan, perlindungan, dan pemanfaatan dengan lebih efisien. Setelah lulus nanti, kamu akan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Kehutanan dengan bidang yang kamu pilih untuk didalami.

Cakupan jurusanKehutanan cukup luas, mulai dari ilmu tanah, ekologi hutan, konservasi lingkungan, memanfaatkan dan mengolah hasil hutan, keanekaragaman hayati, fisiologi tumbuhan, meningkatkan produktivitas hutan, pengolahan hasil hutan, hukum penebangan hutan, hingga teknologi kehutanan. Kuliah Kehutanan akan membuatmu belajar bagaimana memanfaatkan hasil hutan dengan baik tanpa mengakibatkan kerusakan pada ekosistem hutan.

Berikut ini merupakan daftar mata kuliah jurusan Kehutanan, yakni :

1. Fisika

2. Kimia

3. Biologi

4. Matematika

5. Pengantar Ilmu Kehutanan

6. Anatomi dan Fisika Kayu

7. Silvika

8. Silvikultur

9. Ilmu Tanah Hutan

10. Dendrology

11. Agroforestry

12. Perlindungan Hutan

13. Ekologi Hutan

14. Pemanenan Hasil Hutan

15. Teknologi Hasil Hutan

16. Hokum dan perUU Kehutanan

17. Administrasi dan Kebijakan Kehutanan

18. Manajemen Hutan

19. Manajemen Kawasan Konservasi dan Lingkungan Hutan

20. Inventarisasi Hutan dan Ilmu Ukur Kayu

21. Pengukuran dan Perpetaan Hutan

22. Ekonomi Sumber Daya Hutan

23. Pengeringan dan pengawetan Kayu

Prospek Kerja Lususan Jurusan Kehutanan

Sebenarnya, prospek kerja yang tersedia bisa dibilang cukup luas dan terbuka dengan lebar. Kamu bisa memilih untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintahan maupun kementerian. Berikut dijelaskan peluang kerja lulusan Kehutanan, yakni :

• Aparatur Sipil Negara

Ada beberapa institusi pemerintahan yang menampung para lulusan Jurusan Kehutanan, antara lain Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BPN, Kementerian Keuangan, Bappenas, Konsultan, dan berbagai dinas-dinas di pemerintahan daerah (Dishut, BAPPEDA, BLHD, dan sebagainya).

• Pegawai BUMN dan Swasta

Terdapat beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memerlukan tenaga kerja dari Jurusan Kehutanan, antara lain Perhutani (Perusahaan Umum Kehutanan Negara), Inhutani, dan Perkebunan Nusantara. Kamu juga bisa berkarir di berbagai perusahaan swasta, kamu bisa bekerja di sektor industri sebagai konsultan Kehutanan, konsultan lingkungan, manajemen hutan, manajemen satwa liar, pemetaan hutan, ahli konservasi hutan dan sebagainya.

• Lembaga Penelitian

Kamu bisa berkarir sebagai seorang peneliti sekaligus memberikan ilmu pengetahuan di dunia Kehutanan. Bisa juga bekerja di LIPI, BPPT, dan lainnya, maupun internasional seperti ICRAF, AGFOR, CIFOR, PROFAUNA, dan sebagainya

• Lembaga Swadaya Masyarakat

Saat ini, kondisi hutan di Indonesia bisa terbilang kritis. Lahan semakin sempit karena ulah oknum tidak bertanggung jawab yang merusak hutan. Nah, kalau kamu memiliki jiwa peduli lingkungan yang tinggi, kamu bisa menjadi relawan di berbagai LSM, baik sebagai pendamping atau fasilitator masyarakat lokal.

Demikianlah penjelasan mengenai seluk beluk Jurusan Kehutanan hingga prospek kerjanya. Setelah mengetahui informasi di atas, apakah kamu tertarik dan semakin yakin untuk memilih jurusan satu ini?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt