Mengenal Jurusan Kehutanan dan Prospek Kerjanya


Apakah kamu seorang pecinta alam dan tertarik untuk mempelajarinya dan segala ekosistem yang terdapat di dalamnya? Kamu bisa mempelajari hal tersebut dengan bergabung ke jurusan Kehutanan.

Penghutanan kembali adalah salah satu kegiatan yang amat dibutuhkan saat ini. Untuk itu, dibutuhkan ahli-ahli Kehutanan yang dapat membuat hutan berfungsi kembali seperti sedia kala. 

Lalu, sebenarnya jurusan Kehutanan ini mempelajari tentang apa? Tapi sebelum itu kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord semata karenamu ketika menyimak ulasan ini. Berikut dijelaskan tentang seluk beluk jurusan kehutanan.

Apa Itu Kehutanan?

Jurusan Kehutanan adalah program studi yang melatih mahasiswanya agar mampu merawat, mengatur dan melindungi ekosistem hutan bukan hanya tumbuhan, bahkan hewan juga. Proses belajar mengajar dalam jurusan ini memadukan teori lama dengan teknologi. Mahasiswa jurusan Kehutanan juga akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk praktikum daripada di belajar teori di kelas.

Jurusan satu ini juga akan membahas mengenai cara pelestarian hutan melalui metode rehabilitasi serta perlindungan hutan. Kamu akan belajar bagaimana cara untuk memanfaatkan hasil hutan yang ada tanpa perlu merusak ekosistem yang ada di dalamnya. Apalagi jika kamu memiliki hobi untuk naik gunung serta berpetualang, maka jurusan ini sangat cocok untuk kamu pelajari.

Kegiatan Perkuliahan dan Mata Kuliah Jurusan Kehutanan

Selama berkuliah di jurusan Kehutanan, kamu akan mendapatkan pemahaman mengenai pengelolaan ekosistem hutan. Termasuk juga upaya untuk bisa meningkatkan produktivitas dari hutan itu sendiri serta dapat memanfaatkan dan mengelola hasil hutan dengan lebih efisien.

Di sisi lain, kamu juga akan mempelajari mengenai upaya untuk melakukan penyelamatan, pengelolaan, perlindungan, dan pemanfaatan dengan lebih efisien. Setelah lulus nanti, kamu akan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Kehutanan dengan bidang yang kamu pilih untuk didalami.

Cakupan jurusan Kehutanan cukup luas, mulai dari ilmu tanah, ekologi hutan, konservasi lingkungan, memanfaatkan dan mengolah hasil hutan, keanekaragaman hayati, fisiologi tumbuhan, meningkatkan produktivitas hutan, pemahaman aktivitas binatang hutan, pengolahan hasil hutan, hukum penebangan hutan, hingga teknologi kehutanan. Kuliah Kehutanan akan membuatmu belajar bagaimana memanfaatkan hasil hutan dengan baik tanpa mengakibatkan kerusakan pada ekosistem hutan.

Berikut ini merupakan daftar mata kuliah jurusan Kehutanan, yakni :

1. Fisika

2. Kimia

3. Biologi

4. Matematika

5. Pengantar Ilmu Kehutanan

6. Anatomi dan Fisika Kayu

7. Silvika

8. Silvikultur

9. Ilmu Tanah Hutan

10. Dendrology

11. Agroforestry

12. Perlindungan Hutan

13. Ekologi Hutan

14. Pemanenan Hasil Hutan

15. Teknologi Hasil Hutan

16. Hokum dan perUU Kehutanan

17. Administrasi dan Kebijakan Kehutanan

18. Manajemen Hutan

19. Manajemen Kawasan Konservasi dan Lingkungan Hutan

20. Inventarisasi Hutan dan Ilmu Ukur Kayu

21. Pengukuran dan Perpetaan Hutan

22. Ekonomi Sumber Daya Hutan

23. Pengeringan dan pengawetan Kayu

Prospek Kerja Lususan Jurusan Kehutanan

Sebenarnya, prospek kerja yang tersedia bisa dibilang cukup luas dan terbuka dengan lebar. Kamu bisa memilih untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintahan maupun kementerian. Berikut dijelaskan peluang kerja lulusan Kehutanan, yakni :

• Aparatur Sipil Negara

Ada beberapa institusi pemerintahan yang menampung para lulusan Jurusan Kehutanan, antara lain Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BPN, Kementerian Keuangan, Bappenas, Konsultan, dan berbagai dinas-dinas di pemerintahan daerah (Dishut, BAPPEDA, BLHD, dan sebagainya).

• Pegawai BUMN dan Swasta

Terdapat beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memerlukan tenaga kerja dari Jurusan Kehutanan, antara lain Perhutani (Perusahaan Umum Kehutanan Negara), Inhutani, dan Perkebunan Nusantara. Kamu juga bisa berkarir di berbagai perusahaan swasta, kamu bisa bekerja di sektor industri sebagai konsultan Kehutanan, konsultan lingkungan, manajemen hutan, manajemen satwa liar, pemetaan hutan, ahli konservasi hutan dan sebagainya.

• Lembaga Penelitian

Kamu bisa berkarir sebagai seorang peneliti sekaligus memberikan ilmu pengetahuan di dunia Kehutanan. Bisa juga bekerja di LIPI, BPPT, dan lainnya, maupun internasional seperti ICRAF, AGFOR, CIFOR, PROFAUNA, dan sebagainya

• Lembaga Swadaya Masyarakat

Saat ini, kondisi hutan di Indonesia bisa terbilang kritis. Lahan semakin sempit karena ulah oknum tidak bertanggung jawab yang merusak hutan. Nah, kalau kamu memiliki jiwa peduli lingkungan yang tinggi, kamu bisa menjadi relawan di berbagai LSM, baik sebagai pendamping atau fasilitator masyarakat lokal.

Demikianlah penjelasan mengenai seluk beluk Jurusan Kehutanan hingga prospek kerjanya. Setelah mengetahui informasi di atas, apakah kamu tertarik dan semakin yakin untuk memilih jurusan satu ini?


Posting Komentar

0 Komentar