Mengenal Jurusan Akutansi dan Prospek Kerjanya


Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan jurusan yang satu ini. Akutansi adalah bidang yang terus berkembang seiring dengan perkembangan dunia bisnis. Hampir semua sektor publik, ekonomi, pemerintahan, dan perusahaan membutuhkan seorang akuntan untuk bisa menjalankan kegiatannya.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord dinda jangan marah marah ketika menyimak ulasan ini. Langsung saja yuk kita bahas.

Apa Itu Jurusan Akutansi?

Jurusan akutansi memepelajari cara memelihara keuangan. Jurusan ini sangat cocok bagi kalian yang senang bekerja di kantor dengan minat yang tinggi terhadap keteraturan. Jurusan ini mempersiapkan para lulusannya untuk menjadi akuntan dengan mengajar mereka tentang prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak. Akuntansi adalah sarana yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan informasi keuangannya.

Spesialisasi Akutansi

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, akutansi juga mengalami perkembangan yang cukup pesat yang didukung oleh pertumbuhan ekonomi dunia. Hal ini kemudian memunculkan berbagai bidang spesialisasi akutansi yang berfokus pada bidang-bidang tertentu.

Berikut 10 bidang spesialisasi akutansi yang perlu kamu ketahui:

• Akutansi keuangan (financial accounting)

• Akutansi pemeriksaan (auditing)

• Akutansi biaya (cost acoounting)

• Akutansi manajemen (management accounting)

• Akutansi pajak (tax accounting)

• Akutansi anggaran (budgeting accounting)

• Akutansi internasional (international accounting)

• Akutansi lembaga nirlaba (non-profit accounting)

• Akutansi pemerintah/ sektor publik (government accounting)

• Sistem akutansi (accounting system)

Jika ingin berfokus pada satu bidang spesialisasi akutansi tertentu, mengambil sertifikasi untuk bidang yang dipilih sangat dianjurkan. Hal ini berguna agar menambah nilai jual saat akan melamar pekerjaan.

Beberapa sertifikasi populer yang dianjurkan untuk akutansi adalah sebagai berikut:

• Certified Public Accountant (CPA)

• Certified Management Accountant (CMA)

• Certified Internal Auditor (CIA)

• Certified Financial Planner (CFP)

• Certified Information Systems Auditor (CISA)

Prospek Kerja Lulusan Akutansi

Lulusan akutansi biasanya akan menjadi seorang akuntan. Berikut dijelaskan beberapa prospek kerja yang menanti lulusan akutansi, yakni:

1. Akuntan publik

akuntan publik merupakan akuntan yang bekerja di Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit klien. Kalau di Indonesia profesi ini disebut CPA (Certified Public Accountant) atau sering juga disebut auditor independen. Untuk menjadi akuntan publik, maka harus memenuhi kualifikasi seperti lulus sarjana ekonomi jurusan akuntansi, lulus pendidikan profesi, lulus ujian sertifikasi akuntan publik, dan mempunyai gelar akuntan publik.

2. Auditor internal

Bekerja sebagai auditor internal di perusahaan juga menjadi salah satu peluang kerja yang terbuka lebar bagi lulusan akutansi. Auditor internal bertugas untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan untuk kepentingan manajeman.

3. Akuntan internal

Auditor internal bertugas untuk memeriksa laporan keuangan internal sebuah perusahaan sesuai dengan kenyataan dan memberikan masukan untuk pihak manajemen dalam melakukan usaha secara efisien. Seorang auditor internal akan memastikan tidak terjadi penyimpangan di dalam suatu perusahaan.

4. Konsultan pajak

Prospek kerja lulusan akutansi berikutnya adalah sebagai konsultan pajak. Konsultan pajak bertugas memberikan konsultasi perpajakan untuk mereka yang wajib pajak, mulai dari perusahaan maupun perorangan. Selain itu, seorang konsultan pajak juga bisa memberikan jasa pengurusan hak dan kewajiban perpajakan, termasuk dalam penyelesaian sengketa pajak.

5. Perencana keuangan

Seorang perencana keuangan bertugas untuk menyusun perancangan keuangan dan memberikan saran seputar pengelolaan keuangan. Seorang perencana keuangan biasanya tidak mendapat gaji bulanan, tetapi penghasilan yang didapatkan bergantung pada jasa konsultasi yang diberikan.

6. Dosen akutansi

Lulusan akuntansi juga dapat menjadi seorang dosen atau guru. Dengan profesi ini kamu bukan hanya mendapatkan penghasilan tetapi juga berbagi ilmu dengan orang lain. Selain itu, kamu juga dapat menjadi seorang konsultan yang mengisi acara seminar.

7. Ahli keuangan pemerintahan

Profesi ini bisa dibilang sangat menjanjikan karena membuka peluang mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi. Contoh instansi pemerintah yang banyak membutuhkan seseorang berlatar belakang Akuntansi adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sekian informasi mengenai seluk beluk jurusan akutansi, semoga bermanfaat khususnya untuk kamu yang memiliki minat dibidang akutansi.

Posting Komentar

0 Komentar