Langsung ke konten utama

Mengenal Jurusan Teknik Industri dan Prospek Kerjanya

Jurusan teknik industri merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati. Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti : produksi, pengelolaan dan ekonomi.

Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan. Di jurusan Teknik Industri, kamu akan banyak melakukan penyelesaian masalah melalui pendekatan matematis.

Pengertian Teknik Industri

Teknik industri merupakan bagian dari ilmu teknik yang mempelajari bidang desain, perbaikan, dan penggunaan dari sistem integral yang terdiri dari unsur-unsur manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan serta energi. Teknik industri merupakan pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan ilmu matematika, fisika, serta ilmu-ilmu sosial ditambah dengan prinsip & metode dari analisis keteknikan & desain untuk mengkhususkan, memprediksi, serta mengevaluasi hasil yang akan didapatkan dari suatu sistem.

Pengetahuan dan Keahlian

Dengan berkuliah di Jurusan teknik industri, kamu akan memiliki pengetahuan dan keahlian di bawah ini :

· Kemampuan melakukan analisis

· Kemampuan berpikir sistematis

· Kemampuan manajerial

· Kemampuan problem solving

· Kemampuan membuat keputusan

· Kemampuan bekerja dalam tim

· Pemahaman matematika

· Pemahaman dasar teknologi

Prospek Kerja jurusan Teknik Industri

Banyak sekali bidang yang dimasuki lulusan teknik industri ini. Peluang karier yang menanti lulusan Teknik Industri sangat banyak. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Kamu bisa bekerja di perusahaan ataupun institusi lain dengan gaji yang kompetitif.

Nah, dari banyaknya pilihan ini nanti kamu bisa mencari mana pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Penasaran? Simak daftar prospek kerja teknik industri yang bisa kamu pilih di bawah ini.

1. Industrial Engineer


Pada praktiknya, tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan ini adalah untuk membuat rancangan proses produksi dan memastikan bahwa produk yang digunakan sudah memenuhi standar kualitas dari perusahaan. Selain itu, kamu juga ditugaskan untuk memperkirakan biaya produksi hingga mengelola dan menyiapkan laporan produksi.

Rata-rata gaji industrial engineer untuk level fresh graduate adalah mulai dari UMR hingga belasan juta rupiah, tergantung sebesar apa skala perusahaan tempatmu bekerja.

2. Project Manager


Tugas utama dari pekerjaan ini adalah untuk mengarahkan unit usaha di perusahaan agar bisa berjalan sesuai dengan rencana dan bisa menghasilkan keuntungan. Seorang project manager harus bisa memastikan bahwa proyek yang digarapnya sesuai dengan rencana, mulai dari rencana budget sampai dengan hasilnya.

gaji untuk project manager setara supervisor atau manajer, yaitu mulai dari Rp7 juta hingga Rp15 juta rupiah.

3. Quality Controller


Tugas utamanya adalah untuk menguji kelayakan sebuah produk sebelum dipasarkan ke pasaran. Selain itu, kamu juga harus membuat laporan secara rinci yang akan disampaikan kepada manajer produksi. Jika kamu tertarik, prospek kerja teknik industri yang satu ini dibutuhkan di berbagai sektor perusahaan.

Di level fresh graduate, rata-rata gaji quality controller adalah UMR atau 1,5 kali lipat dari itu. Jika hasil pekerjaanmu baik, kamu bisa mengharapkan jenjang karir dan kenaikan gaji.

4. Product Analyst


Tugas utama dari pekerjaan ini adalah untuk mengembangkan strategi marketing untuk suatu produk dan melakukan perbandingan dengan tren industri terkini. Kamu juga akan melakukan analisis produksi, mengendalikan kualitas produksi, mengoptimalkan dan juga memelihara alat-alat produksi, mengendalikan produksi, serta menilai keseluruhan proses produksi.

Profesi product analyst disetarakan minimal dengan level supervisor atau high skilled professional. Oleh karena itu, kisaran gaji product analyst juga lumayan, yaitu mulai dari Rp7 juta hingga belasan juta.

5. Sales Engineer


Di pekerjaan ini, kamu harus mengerti dan memahami product knowledge agar bisa menjelaskan kualitas dan kegunaan produk dari perusahaan dengan baik. Selain itu, kamu harus memiliki pengetahuan bisnis jika ingin jadi sales engineer. Perpaduan kedua pengetahuan bisnis dan teknik industri, akan membuatmu menjadikan seorang sales engineer yang sukses.

Meski profesinya masih jarang ditemui, rata-rata kisaran gaji sales engineer di Indonesia bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan teknik industri yang bisa menjadi pilihan kamu saat melamar kerja. Setelah mengetahui bagaimana prospek kerja teknik industry, apakah kamu tertarik untuk memulai karir disini?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Ketika dia berada di universitas dan telah menyelesaikan pendidikan, harapannya dan lulusan lainnya, tentu saja, mereka harus segera mendapatkan pekerjaan. Namun jangan salah sangka, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, salah satunya adalah ilmu sejarah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai, ya! Salah satu tujuan orang untuk belajar sebenarnya adalah sehingga mereka dapat memiliki kesempatan kerja yang lebih baik. Namun, pada kenyataannya, ada beberapa spesialisasi universitas yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan spesialisasi lainnya. Ini karena pekerjaan jurusan memiliki ruang lingkup yang kecil sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbatas. Terutama jika Anda benar-benar tidak tahu tentang ilmu kedisiplinan yang beragam jenisnya, banyak lulusan dari jurusan ini justru akhirnya tidak bekerja sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada awal 2022, ada beberapa spesialisasi uni

10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan

  10 Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan di Masa Depan (Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun) Dunia Pendidikan - Memilih jurusan kuliah itu seperti bermain squid game . Harus punya strategi karena ada yang dipertaruhkan. Bukan nyawa, tetapi masa depan yang enggak kalah pentingnya bagi manusia. Siapa yang enggak mau mudah dapat pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu kita semua pasti mau deh. Namun, banyak juga yang masih bimbang untuk memilih jurusan kuliah yang bisa menjamin masa depan kita. Untuk menjawab semua kegalauan tersebut, ini ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang mungkin paling dicari di masa depan. Penasaran kan? Makanya, baca terus artikernya, ya! Perkembangan dan Kebutuhan Dunia di Masa Depan Sebelum menyebutkan jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan, ini ada beberapa informasi penting seputar perkembangan yang memengaruhi kebutuhan dunia. Simak betul-betul, oke? Pernah mendengar istiliah Revolusi Industri 4.0? Gampangnya, Revolusi Industri 4.0 adalah upaya  menggabun

Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN)

  Siapa nih yang setelah lulus SMA berkeinginan melanjutkan pendidikan di Politeknik Keungan Negara STAN ? Kampus yang satu ini memang banyak sekali peminatnya, selain karena kampusnya yang bagus. Lulusan dari kampus ini juga akan langsung ditempatkan kerjanya setelah lulus. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan pendidikan disini. Yuk, simak artikel yang satu ini. Sejarah Politeknik Keungan STAN Politeknik Keungan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. Sebelum dikenal dengan PKN STAN, kampus ini dahulunya dikenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan Negara (STAN). Dalam sejarahnya, pendirian PKN STAN melalui proses yang cukup panjang. Berikut perjalanan sejarah kampus PKN STAN dari awal hingga sekarang. Kursus Djabatan Ajun Akuntan dam Ajun Akunt